My Way #2

Gimana sudah memilah - milah forum atau komunitas di grup WA atau grup Telegram Anda? Bedakan levelnya, manakah yang level kecil / daerah dengan grup yang level nasional.


Jika sudah menemukan, tahap berikutnya Anda harus lebih aktif dengan grup tersebut, dimana sebelumnya anda spamming link info ke blog ataupun hanya sekedar membaca info grup. Kini anda HARUS berinteraksi langsung dengan anggotanya, tunjukkan anda memiliki kompetensi sesuai topik yang dibahas di grup tersebut. Sehingga semua anggota menaruh kepercayaan kepada Anda. Cara ini memang agak lama jika Anda tidak kompeten, suka galau dan suka baper. 😂
Tapi tenang semua bisa dibicarakan baik-baik dengan Suhu Mbah Google.



Misal nih anda tergabung sebuah WA/Tele grup touring motor jenis A. Maka setidaknya Anda harus kompeten di topik tersebut, caranya mulailah belajar lebih paham tentang seluk beluk motor jenis A. kelebihan dan kekurangannya dengan begitu setiap ada pertanyaan dari anggota atau kendala seputar motor jenis A. Anda bisa menjawab dan memberikan arahan kepada anggota yang lain, meski Anda bukan admin di grup tersebut bukan berarti hanya diam saja. Saya yakin ada beberapa orang yang mendominasi di dalam suatu grup. Alih-alih Anda juga seperti mereka meski memiliki misi tertentu. tunjukkan kepada mereka bahwa Anda orang yang bersahabat, komunikasi aktif. solutif, beri mereka kepercayaan terbaik.

Jangan tiba-tiba spamming di salah satu GRUP FB, seperti saya dengan alih-alih memberikan tips dan trik yg ujungnya hanyalah Hoax. Itu Kata mereka masak sih pageview result seperti ini masih dibilang Hoax.


SEO, Indexing dan analytic sangat diperlukan jika Anda TIDAK menggunakan tehnik komunitas / forum seperti saya. Dengan tehnik komunitas Anda lebih tenang dan memiliki viewer tetap istilah lainnya customer atau pelanggan yang loyal kepada Anda. Tentunya bisa terus berkembang lebih besar apalagi skala nasional seperti grup milik saya. Dan inilah yang Anda sebut KOLAM saya.

Jadi poinnya.
1. Aktif di Grup Komunitas
2. Menjaring anggota yang dominasi / vokal





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya