10 Pekerjaan Sampingan buat pelajar atau mahasiswa

Usaha sampingan saat ini barangkali sudah menjadi sesuatu yang sudah umum dilakukan oleh orang-orang diluar dari pekerjaan utama mereka, apalagi bagi mereka yang sudah mempunyai keluarga sendiri pasti membutuhkan penghasilan tambahan untuk lebih mencukupi kebutuhan keluarga. Mereka rela melakukan usaha sampingan apapun demi bisa bisa mendapatkan tambahan uang.

Usaha sampingan ini jika dilakukan dengan tekun dan giat bahkan hasilnya bisa melampaui penghasilan dari pekerjaan utama, yang membuat orang sedikit demi sedikit meninggalkan pekerjaan utama untuk fokus menjalani usaha sampingan untuk dijadikan penghasilan utama.

Kali ini saya akan membahas tentang 10 pekerjaan sampingan untuk pelajar atau mahasiswa :

    1. Content Writer

Seorang penulis artikel, namun disini adalah mengacu pada aktivitas sebagai seorang penulis bayaran yang disewa atau dipesan oleh pengelola sebuah web atau blog. Penghasilan yang diperoleh adalah sejumlah nilai jual atau harga dari setiap artikel yang diciptakan.

    2. Blogger

Menjadi seorang blogger gimana ia menyebabkan seorang penulis artikel. Jika kamu sudah mahir menulis konten artikel untuk dijual, maka akan lebih baik kalau konten anda juga ada yang diterbitkan sendiri melalui situs blog. Ada dua pilihan membangun situs blog, yaitu berbayar dan gratisan.

    3. Programmer

Handal dalam membuat program - program sederhana juga bisa menjadi bentuk usaha sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Aktivitas ini juga tidak memerlukan mobilitas dilapangan, sehingga waktu belajar ataupun jadwal kuliah yang padat tidak akan banyak terganggu.

    4. Jasa Printing

Membuka jasa printing yang dimaksud disini bukanlah sebuah perusahaan besar, namun hanya sebatas sampingan sederhana dengan memanfaatkan sarana yang dimiliki.

    5. Bimbingan Belajar

Memberikan bimbingan belajar kepada anak - anak SD, ini adalah contoh ide usaha sampingan yang layak untuk anda pertimbangkan. Dengan mengatur jadwal yang tepat tanpa mengganggu aktivitas kuliah tentunya waktu luang anda akan berubah menjadi sebuah profit penghasilan.

    6. Jualan Pulsa

Sekarang ini siapapun akan membutuhkan pulsa cellular karena sudah menjadi kebutuhan pokok yang sulit untuk ditinggalkan. Bisnis sampingan menjual pulsa cukup memanfaatkan smartphone dan mendaftarkannya pada distributor pulsa.

    7. Jasa Desain

Tidak hanya menjadi penulis saja yang bisa menghasilkan uang harian, tetapi mulai menguliti jasa desain juga sangat menguntungkan sekali bagi kalangan pelajar atau mahasiswa.

    8. Jualan Buku

Di negeri kita tentunya memiliki kecerdasan dan pendidikan yang lebih maju danmeningkat stabil. Oleh karena itu, tidak heran jika pemerintah rela dana banyak demi kemajuan pendidikan di negeri kita.

    9. Jasa Layanan Mengerjakan Tugas

Merupakan salah satu peluang yang sangat cocok untuk anda sebagai pelajar atau mahasiswa. Tentunya kerja sampingan seperti ini termasuk kerja sampingan yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Contohnya ada teman - teman anda yang malas mengerjakan tugas, maka hal ini menjadi kesempatan untuk memulai bisnis yang cemerlang.

    10. Fotografer

Jika anda memiliki hobi memotret sebuah foto, tentunya ini adalah peluang yang sangat bagus sekali dan cukup menjanjikan. Apabila anda tidak mempunyai kamera dengan kualitas terbaik, maka solusi termudah dalam menjalankan bisnis ini ialah menggunakan smartphone.

Berikut video 10 pekerjaan sampingan buat pelajar / mahasiswa


Kredit : Ardhana Channel

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya