5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup di Segala Situasi

Kamu sering gugup ? Kamu sering bingung ? Topik saya kali ni adalah "5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Di Segala Situasi". Anda mungkin sering gugup ketika akan presentasi, atau bicara didepan panggung, atau mungkin nembak gebetan. Berikut 5 tips untuk anda cara mengatasi hal tersebut.

    1. Melatih Nafas

    Latih nafas anda. Tarik nafas, buang nafas, itu penting. Karena dengan menarik nafas dalam - dalam, anda akan merasa rileks dan lebih tenang. Kalau perlu buang sekuat tenaga, itu akan menghilangkan rasa gugup. Jika anda masih gugup, gemetar, tangan dingin, berkeringat, dan sebagainya, hilangkan rasa gugup dengan cara seperti itu. 

Tetapi percayalah, banyak komunikator atau pembicara yang baik yang awalnya adalah orang yang tahu bagaimana caranya mengatasi rasa gugup. Kemudian, hal itu juga dapat mengurangi rasa panik. Jika rasa panik anda berkurang, itu juga sangat penting.

    2. Afirmasi atau Sugesti

    "Saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa"! Itulah yang membuat diri anda menjadi lebih positif. Jika anda melakukan sugesti positif seperti itu, niscaya kalimat "saya tidak bisa" atau rasa takut itu akan hilang.

    3. Berlatih

    Orang bisa itu karena udah terbiasa. Masalahnya adalah anda malas berlatih. Jika anda tidak mau gugup disetiap pertandingan, seringlah berlatih. Itulah sebabnya sparring atau berlatih tanding itu penting. Dengan anda akan sering berlatih, maka otomatis rasa gugup anda akan hilang.

    4. Bersiaplah untuk yang terburuk

    Ini penting sekali. Anda akan menguasai panggung, menguasai audience. Anda juga akanmenguasai seluk beluknya. Dengan adanya persiapan, maka otomatis mengurangi rasa gugup anda. Ketika anda menjadi pembicara, audience sudah datang semua, anda baru menyusun ini, menyusun itu, sangat tidak profesional.

Memang persiapan tidak menjamin anda untuk tampil sempurna. Tetapi, minimal anda bisa meminimalisir rasa gugup anda dengan adanya persiapan. Daripada tidak ada persiapan sama sekali.

    5. Berdo'a

    Dengan anda berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing - masing, niscaya akan mengurangi rasa gugup anda. Kita harus menyertakan Yang Maha Kuasa di dalam setiap pekerjaan kita, aktivitas kita, perilaku dan apapun kegiatan yang akan kita lakukan.

Semoga semuanya dilancarkan dan tidak kurang sesuatu apapun. Niscaya jika anda melakukan itu semua, saya yakin anda bisa menghilangkan rasa gugup itu. Meskipun tidak sempurna, tetapi anda bisa mengurangi rasa gugup dengan sangat banyak.

Itulah yang sering saya lakukan ketika dulunya saya sedang gugup menghadapi sgala sesuatu. Lakukanlah 5 hal ini secara berulang. Maka anda yang amatir akan bisa menjadi profesional.

Berikut video


Kredit : SuccessBefore30 Channel

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya