5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Saat Pandemi Covid-19


Saat kembali ke ruang kelas Anda, tapi Anda masih tidak bisa mendapatkan diri Anda termotivasi untuk membaca buku dan mendengarkan guru Anda saat memberi pelajaran? Apakah ujian besar datang tapi Anda tidak termotivasi untuk belajar? Apakah Anda berjuang untuk menemukan motivasi belajar Anda?

Nah! Anda tidak sendirian dalam merasakan hal ini. Tidak masalah jika Anda adalah siswa di sekolah atau orang dewasa yang mencari pengetahuan baru, setiap orang dari kita telah mengalami kurangnya motivasi untuk belajar. Hal itu di karenakan semakin banyaknya hal-hal yang membuat motivasi belajar berkurang.

Disini saya akan memberi informasi sedikit terkait 5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Saat Pandemi Covid-19 :

    1. Meningkatkan Kualitas Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran online, guru adalah faktor penentu keberhasilan pembelajaran online. Guru adalah faktor dominan dalam penentuan kualitas pembelajaran.  Pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik, akan menghasilkan hasil belajar yang baik juga.

    2. Memilih Metode Pembelajaran Yang Tepat

Guru dituntut untuk dapat memilih metode belajar yang tepat untuk mengajar. Jika guru dapat memilih metode pembelajaran dengan tepat, maka tujuan belajar akan tercapai dengan lebih mudah. Pemilihan metode belajar yang tepat juga akan meningkatkan motivasibelajar siswa dan minat belajar siswa sehingga akan tercipa suasana belajar yang menyenangkan.

    3. Memaksimalkan Fasilitan Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran, pemanfaatan fasilitas belajar yang baik juga menentukan motivasi belajar dalam proses pembelajaran online seperti pengadaan sumber belajar, komputer yang tersambung dengan internet, dan alat - alat yang mendukung kegiatan pembelajaran bagi para guru. Sarana prasarana tersebut digunakan untuk mencari pengetauan dan informasi dari berbagai sumber.

    4. Memanfaatkan Penggunaan Media

Motivasi belajar siswa pada pembelajaran online dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan penggunaan media yang menarik, sehingga akan membuat siswa tertarik kepada pembelajaran. Contohnya membuat video animasi, poster, dll. 

    5. Melakukan Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pada pembelajaran online penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan evaluasi pada pembelajaran online maka dapat diketahui apakah pembelajaran dapat berjalan efektif atau tidak. Jika dirasa tidak efektif, maka dapat melakukan modivikasi pada sistem pembelajaran yang sesuai dengan siswa.

Berikut video 5 tips meningkatkan motivasi belajar


Kredit : Arina Eka Wahyuningrum

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya