6 Kebiasaan Kecil Untuk Membuat Anda Tetap Sehat Dan Hidup Seimbang

Halo para sahabat sehat, pada kali ini saya akan membahas tentang "6 Kebiasaan Kecil Untuk Membuat Anda Tetap Sehat Dan Hidup Seimbang". 
    1. Bersyukur


    Jadi kapan kita bersyukur ? Kapan sahabat sehat bersyukur ? Anda bisa memanjatkan do'a kecil dan mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena anda telah dibeikan kesempatan lagi dihari berikutnya untuk bernafas.

Banyak orang yang langsung ngambil HP mereka, bahkan lupa mengucapkan selamat pagi. Mungkin membaca status orang atau membaca kegaulan orang lain. Jika anda melakukan hal - hal seperti ini, maka mood anda akan terasa tidak baik sepanjang hari ini.

 Kemudian, anda bisa bersyukur tanpa harus melihat BOS. Apa itu BOS ? Yaitu Barang, Orang, dan Situasi. Jadi, banyak orang yang baru bersyukur ketika mereka misalkan mendapatkan kenaikan pangkat, kenaikan gaji, dapat rejeki, atau ketika anak ereka lulus ujian. Tetapi ketika mereka mendapatkan masalah, mereka  lupa bersyukur, malah menyalakan orang lain.

    2. Cukup Mengkonsumsi Air Mineral


    Air putih disini yang saya maksud bukan air susu, tetapi air yang mengandung mineral. Mengapa ? karena tubuh kita 70% adalah cairan. Sehingga air sangat penting bagi metabolisme didalam tubuh anda.

Kemudian, air juga berperan sebagai sirkulasi darah. Anda bisa bayangkan jika tubuh anda dehidrasi atau kekurangan cairan, maka sirkulasi didalam tubuh anda akan terbebani. Jantung anda bekerja lebih berat. Dan jika tubuh anda kekurangan cairan, maka anda akan mudah mengalami demam. Karena cairan befungsi untuk membantu dalam mengontrol suhu tubuh anda.

Air juga berperan penting dalam membantu proses detoksifikasi. Mengapa ? karena tubuh kita mengeluarkan racun memalui Buang Air Besar, melalui pernafasan, melalui air seni, dan melalui keringat. Disini air berperan penting melalui air seni dan keringat.

    3. Menghirup Udara Bersih


    Mengapa saya mengatakan udara bersih ? Karena anda tidak makan 1 - 2 hari anda masih tetap hidup. Anda tidak minum 1 hari, misalnya ketika berpuasa. Anda masih hidup. Tetapi coba anda tidak bernafas selama 5 - 10 menit. Anda pasti sudah tau jawabannya. Anda tidak bisa hidup lagi. 

Anda bisa memperoleh udara bersih tersebut dimana ? Bagi anda yang tinggal di perkotaan, anda bisa bangun pagi lebih awal. Keluar dan uka jendela anda, maka anda bisa menghidup udara bersih. Atau mungkin anda bsa rekreasi ke pegunungan. Disana anda mendapatkan udara bersih.

Dan poin penting yang ingin saya sampaikan mengenai udara bersih adalah cobalah menjaga lingkungan kita dimulai dari diri kita sendiri terleih dahulu. Caranya bagaimana ? Pertama, tidak membakar sampah sembarangan. Kedua, kurangi jumlah rokok anda. Dan kalau bisa, hentikan kebiasaan merokok tersebut.

    4. Berolahraga kecil


    Yang dimaksud olahraga kecil adalah untuk mmperbaiki metabolisme tubuh anda. Dengan melakukan olahraga kecil, maka tingkat stress anda akan menurun. Mengapa ? Karena otak anda akan mengeluarkan suatu hormon yang namanya hormon endorfin. 

Lakukan olahraga kecil sesuai dengan kondisi tubuh anda. Dan anda boleh berolahraga bersama teman - teman anda dan itu mungkin membuat anda lebih bahagia.

    5. Makan Teratur


    Apa tujuan kita makan teratur ? Supaya kita bisa mendapatkan energy setiap harinya dari makanan kita. Dengan makan teratur, kita juga bisa mencegah penyakit - penyakit masalah pencernaan, contohnya sakit maag.

Banyak orang yang sibuk bekerja sampai lupa makan. Akhirnya, maag mereka sering kambuh, bahkan ada yang sampai tukak lambung. Tukak lambung adalah lambungnya bolong.

    6. Istirahat Yang Cukup


    Jadi tidur yang cukup dan berkualitas yaitu 6 - 8 jam per hari. Apa sih pentingnya tidur di malam hari ? Jadi setelah capek beraktivitas dari pagi hingga sore, bahkan hingga malam hari, tubuh anda akan regenerasi kembali. Terutama bagi mereka yang banyak menggunakan otak mereka untuk berfikir. 

Dan sau lagi, bagi para remaja yang ingin tubuhnya bertambah tinggi. Pada malam hari, anda harus cukup tidur. Jangan habiskan waktu anda di malam hari untuk main game, menonton drama korea, dan lain - lain.

Oke, semoga 6 kebiasaan ini dapat anda mengerti dan dapat anda jalani. Ini sangat mudah untuk anda. Saya do'akan anda semua bisa menjalani 6 kebiasaan kecil ini. Semoga Bermanfaat dan sehat selalu sobat sehat.


Berikut video

Kredit : SB30 Health Channel

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya