Cara mengontrol Emosi



Kredit : Psikoma.com

Kita harus bisa mengendalilan emosi bagaimana pun keadaan nya. Karena dengan kita emosi, kita tidak akan bisa fokus dengan tujuan utama kita, Dengan keadaan emosi kita akan menambah atau memperkeruh suasana yang ada. 

Kadang-kadang kita menemui orang yang gampang sekali terpancing emosinya, kalau sesekali wajar tetapi kalau seringkali, mungkin orang tersebut mingidap IED (Intermittent Explosive Disorder). IED adalah ekspresi kemarahan yang di tandai dengan kekerasan verbal maupun fisik. Biasanya orang yang mengidap IED emosi nya akan meluap di tempat/situasi yang tidak tepat dan itu sering terjadi berulang kali. 

Orang yang ngidap IED sudah terlihat dari dirinya yang Mudah tersinggung, Impulsif (mudah terpengaruh emosi), Agresif, dan Mudah marah sepanjang waktu. Biasanya orang tersebut terjebak dalam argumen yang sulit, dan amarah yang bermula dengan ketidak nyamanan dirinya berada di situasi tersebut. Biasanya emosinya akan diluapkan dengan cara Berteriak, Memukul, Berkelahi, Mengancam orang lain. Tentunya hal tersebut harus kita hindari, apalagi bisa merugikan dirisendiri dan orang-orang sekitar kita, hanya karena kita yang tidak bisa mengendalikan emosi. 

Berikut adalah metode-metode agar kita bisa mengendalikan emosi pada diri kita sendiri.

- Lakukan terapi secara displin dan konsisten
Terapi di sini sangat berguna untuk merefresh otak kita supaya kita dapat membuka fikiran yang lebih luas lagi dan mulai meninggal kan fikiran-fikiran yang membuat kita emosi

- Lakukan releksasi 
Dengan anda melakukan releksasi, anda akan membuat otak anda menjadi lebih relaks dan bisa mengatasi masalah anda tidak dengan emosi. Lakukan Relaksasi dengan cara: lakukan latihan pernafasan dengan dalam, Yoga, Refresing ke tempat wisata. 

- Ubahlah sudut pandang mu 
Gunakan sudut pandang positi, logis, dan positif,  agar kamu bisa mengahadapi situasi dengan rasional tanpa meluapkan emosi sama sekali.

- Pelajari cara berkomunikasi dengan baik
Dengan kamu mempelajari cara berkomunikasi bermacam-macam orang, kamu akan dapat membedakan mana orang yang benar-benar marah, dan mana orang yang memang memiliki nada bicara seperti orang yang sedang marah.

- Merubah lingkungan kamu
Kita tau luapan emosi akan berdampak kurang baik terhadap diri kita dan orang di sekitar kita. Kita harus sesekali mengunjungi tempat-tempat yang sekiranya membuat kita jauh lebih fresh dan tentunya jauh dari keramaian.

Dari Tips di atas kamu bisa melakukan salah satu dari ke 5 Tips, semoga dengan membaca Tips-tips di atas kamu bisa mengontrol emosi dan amarah kamu. Setiap orang pasti memiliki amarah, tetapi mau sampai kapan tubuh anda terus di kendalikan oleh amarah ysng menggebu gebu. Terima Kasih... 

Berikut adala penjelasan dari nara sumber yang memberikan informasi mengenai cara mengontrol emosi agar tidak berdampak negative bagi diri sendiri dan orang di sekitarnya. 




Kredit : SKWAD Health

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya