Gelar Kebangsawanan Eropa


Kredit foto by yawood.ru


 Jika kamu sering bermain game yang bertema abad pertengahan, asti kamu tidak asing lagi dengan gelar kebangsawanan yang di miliki setiap karakter. Seperti Knight, Duke, dan Emperor, Nah sejsrah mencatat gelar kebangsawanan umumnya digunakan di Eropa, pada masa abad petengahan, sekitar abad ke-5 sampai abad ke-15. Bahkan hingga saat ini Inggris masih menggunakan gelar-gelar ini sampai sekarang.


Gelar kebangsawanan Eropa sangat banyak dan memiliki arti yang berbeda. Berbeda negara berbeda pula nama gelar yang diberikan, lantas gelar kebangsawanan apasaja sih yang ada di Eropa?. Mari simak penjelasan berikut. 


Emperor

Gelar ini merupakan gelar tertinggi di Eropa, gelar Emperor disebut juga Kaisar, dengan bentuk negaranya Empire atau Kekaisaran. Tokoh terkenal yang menggunakan nama Emperor adalah Julius Caesar, ia memimpin Kekaisaran Romawi, serta adapula Napoleon Bonaparte yang diangkat menjadi Kaisar Perancis.


King

Gelar King juga termasuk gelar kebangsawanan tertinggi, dengan daerah kekuasaan yang disebut Kingdom. Sedangkan untuk bangsawan wanitanya disebut Queen, Negara yang menggunakan istilah ini adalah Inggris. Di Dunia Internasional, Inggris disebut sebagai United Kingdom yang terdiri dari atas England, Irlandia Utara, Scotland, dan Wales.


Duke 

Duke atau Adipati, diberikan kepada seorang pria, sedangankan untuk wanita adalah Duchess. Duke berkedudukan dibawah King, sedangkan wilayah kekuasaan nya disebut dengan Duchy, Duchy sendiri pada abat pertengahan dapat berupa negara berdaulat, atau negara bagian dari kerajaan/kekaisaran. Saat ini penyandang gelar Duke atau Duchess hanya sebatas gelar kehormatan saja, tanpa wilayah kekuasaan. Saat ini gelar Duke di sandang oleh Pangeran Henry Charles dengan gelar, His Royal Highness the Duke of Sussex.


Marquess

Galar ini berada di bawah Duke, dengan wilayah kekuasaannya yang berada di perbatasan negara. Hal ini membuatnya bertugas melindungi negara dari potensi serangan negara lain.


Earl

Gelar Earl berada di bawah Marquess, dengan peran sebagai Gubernur Kerajaan, Earl tidak memerintah atas namanya sendiri, melainkan sebagai wakil kerajaan. Gelar yang setara dengan Earl iala Count untuk pria dan Countess untuk wanita.


Viscount

Tugas Viscount iala menjadi wakil Count dalam urusan provinsi dan kehakiman. Viscount pada dasarnya adalah gelar kebangsawanan Eropa yang secara historis berada di tingkat menengah ke bawah.


Baron

Gelar ini adalah gelar kebangsawanan dengan tingkat paling rendah, Baron untuk pria dan Baroness untuk wanita. Meskipun berada di posisi kebangsawanan paling rendah, gelar ini dapat diwariskan kepada penerusnya. 


Knight

Raja bisa memberikan gelar kehormatan bagi mereka yang berjasa bagi negara, terutama dibidang kemiliteran. Pada abad pertengahan Knight dianggap sebagai Bangsawan kelas rendah, meskipun begitu, siapapun bisa memperoleh gelar ini. Gelar Dame digunakan untuk sebutan resmi untuk Knight wanita.


Itu tadi gelar-gelar kebangsawanan Eropa yang beberapa diantaranya masih digunakan hingga saat ini. Untuk lebij jelas penggambaran gelar-gelar kebangsawanan Eropa, simak video berikut!.



Kredit video by Kenisiah id

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya