Ingin Kacamatamu Berumur Panjang? Lakukan 5 Hal Berikut

Kacamata


Kacamata sudah menjadi barang kebutuhan atau bahkan pelengkp untuk outfit harian. Fungsi kacamata sekarang pun sudah mulai beragam, dari yang hanya digunakan untuk fashion, kemudian alat bantu melihat, dan bahkan alat bantu medis dalam operasi. 

Dengan berbagai kegunaan nya yang bervariasi, maka sangat perlu untuk memahami cara perawatan yang benar agar kacamatamu berumur panjang dan tetap nyaman digunakan. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat kacamatamu;


Jangan menggunakan Tisu

Dalam merawat kacamata hal yang paling utama adalah membersihkan kacamata secara rutin setelah dipakai dengan kain khusus seperti microfiber. Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan kotoran berupa lemak dan keringat di lensa kacamata yang mampu merusak lapisan atau coating lensa dan juga bisa menyebabkan korosi di frame metal kacamata. Jangan menggunakan tissu karena tissu secara perlahan dapat mengikis lapisan radiasi pada lensa kacamata.


Gunakan dua tangan

Adalah wajib bagi Anda menggunakan kedua tangan kanan dan tangan kiri saat memakai dan melepas kacamata. Karena, bila menggunakan satu tangan maka akan merubah bentuk tangkai kacamata yang akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkacamata. Resikonya, perlu penyetalan ulang. Hal yang perlu dihindari juga adalah tidak mencoba melakukan penyetelan sendiri karena akan berisiko tinggi merusak kacamata Anda.


Simpan dalam kotak kacamata

Bila kacamata sedang tidak dipakai, maka Anda dianjurkan untuk menyimpannya dengan rapi di dalam kotak kacamata yang telah disediakan oleh optik. Karena selain menghindari debu dan kotoran, juga melindungi kacamata dari goresan. Atau bila tidak sempat memasukkan ke kotak optik, Anda dapat meletakkannya di atas permukaan datar dengan posisi gagang terbuka.


Siram atau rendam dengan air 

Jika anda dari luar dan terus terkena paparan debu, maka seharusnya siram atau rendam kacamata terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Hindari membersihkan lensa kacamata dalam keadaan kering untuk menghindari goresan debu-debu pada lensa. 


Bersihkan dengan searah

Gerakan teknik membersihkan kacamata harus satu arah dan jangan menekan lensa terlalu keras. Satu arah ke kanan atau kekiri lebih dianjurkan.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya