Kenapa lebih susah ingat nama daripada muka?


Pada dasarnya otak manusia memang lebih mudah mengenali gambar dibandingkan kata-kata. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa Anda sering mengingat wajah seseorang namun lupa namanya. Ini karena manusia adalah makhluk visual.

Apalagi kalau usia semakin bertambah, mengingat nama juga akan semakin sulit dilakukan. Dibandingkan nama orang yang seringkali sama, bekas memori yang lebih gampang diingat kembali adalah gambaran wajah atau fisik. Jadi wajar kalau Anda sering lupa nama orang tapi ingat wajahnya.

Sementara itu, otak tidak memiliki bagian yang secara khusus untuk mengingat nama. Otak hanya memiliki bagian yang diperuntukkan mengingat kata-kata. Nama adalah contoh dari kata khusus, bukan kata-kata yang biasanya Anda gunakan untuk menyusun sebuah kalimat.

Sebab, ketika mengingat nama dengan wajah secara bersamaan, otak memiliki tugas yang berbeda. Untuk mengingat wajah, otak akan mendapatkan lebih banyak tugas, seperti melihat, mengenali, mengamati, dan menyimpannya sebagai sebuah memori. Sedangkan, untuk mengingat sebuah nama, otak hanya diperintahkan untuk mendengar dan menyimpannya. Tak perlu melibatkan pengamatan.

Sedikit tips agar tidak sering lupa nama orang lain :

    1. Mencoba untuk mengulangi namanya

Saat berkenalan dengan orang baru, cobalah untuk mengulangi namanya. Anda mungkin bisa menyebutkan ulang namanya. Cara ini cukup ampuh untuk Anda untuk mengingat nama orang daripada hanya diam.

    2. Kaitkan namanya dengan hal lain yang menarik

Setelah mengulangi namanya, langkah selanjutnya agar Anda tidak lupa adalah mencoba mengaitkan namanya dengan hal lain yang menarik atau terkenal. Selain memberi tugas pada otak untuk mengingat nama tersebut berkali-kali, percakapan seperti ini juga bisa membantu mencairkan suasana.

Berikut video kenapa lebih susah ingat nama daripada muka?


Kredit : Kok Bisa?



Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya