Macam - macam Karakter yang Ingin dibentuk dalam Pendidikan


Nilai - Nilai karakter yang dimasukkan dalam proses pengembangan kurikulum dalam meliputi aspek berketuhanan, berketerampilan, berkarya, berkreasi, berkepribadian, dan berbudaya.

Pendidikan karakter di sekolah merupakan elemen yang sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah di mana pendidikan ini memiliki fungsi sebagai pembentuk karakter dan juga moral siswa dalam interaksinya di tengah-tengah masyarakat.

Pendidikan karakter bisa dilakukan mulai dari hal yang paling kecil misalnya membiasakan anak untuk mencium tangan guru dan orang tua ketika tiba di sekolah, mengucapkan salam ketika guru masuk ke kelas, dan lainnya.

Macam - macam karakter yang ingin dibentuk melalui pendidikan.

    1. Karakter Religius

Nilai agama adalah sumber dari pendidikan karakter dan juga moral yang berlaku di sekolah kami. Hal ini karena karakter religius adalah karakter paling dasar yang ada pada diri seseorang dan bisa menjadi langkah awal dalam mengembangkan sifat, sikap, dan juga perilaku yang mencerminkan penghargaan terhadap perbedaan  terutama pada masa perkembangan peserta didik selanjutnya. Nilai-nilai religi adalah nilai yang paling tepat ditanamkan pada anak sejak usia dini dan harus disesuaikan dengan tingkat perkembangannya.

Maka dari itu kondisi lingkungan sekolah yang kondusif  akan mendukung proses penanaman karakter religius yang lebih baik apalagi jika dilakukan dengan cara yang lebih kreatif. Dalam hal ini peran guru sebagai sosok orang dewasa dan yang memiliki otoritas di lingkungan sekolah adalah sosok yang memiliki peran penting dalam menjadi teladan dan juga pengingat.

    2. Mencintai kebersihan dan lingkungannya

Pendidikan karakter di sekolah dasar selanjutnya yang wajib diberikan kepada anak sejak usia dini adalah mengenai kecintaan terhadap kebersihan diri maupun kebersihan lingkungannya. Kebersihan pada diri sendiri tidak hanya mengenai sanitasi tapi juga berkaitan dengan mendidik anak agar memiliki pribadi yang sehat dan jiwa yang kuat.

Kemudian anak-anak juga sudah mulai harus belajar untuk menghargai lingkungan di sekitarnya.Pendidikan karakter yang berhubungan dengan kebersihan bisa dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan dengan cara dilombakan.

    3. Sikap dan perilaku yang peduli

Memiliki empati yang tinggi adalah salah satu karakter baik yang bisa membuat seseorang memiliki posisi yang baik di tengah masyarakat. Pendidikan karakter di sekolah mengajarkan sikap peduli yaitu sikap dan juga tindakan yang selalu ingin memberikan  bantuan pada orang lain yang membutuhkannya.

Orang yang suka membantu temannya yang dalam kesulitan, ketika ia mengalami kesulitan pun juga akan dengan mudah mendapatkan bantuan dari teman-teman dan orang-orang di sekitarnya yang lain oleh karena itu memiliki sikap peduli adalah investasi amal yang penting untuk ditanamkan sejak usia dini.

    4. Sikap dan perilaku yang jujur

Memiliki sikap jujur mungkin akan mendatangkan banyak tantangan bagi seseorang tapi dengan karakter selalu berkata dan bersikap jujur maka bisa membuat orang tersebut bisa dipercaya orang lain termasuk dipercaya untuk mengemban tugas atau tanggungjawab yang tidak akan diberikan kepada orang yang kejujurannya dipertanyakan.

Kejujuran merupakan investasi  yang bisa menjadi modal dasar bagi seseorang untuk memiliki hubungan komunikasi yang sehat dan efektif dengan orang lain. Peserta didik yang sudah diajarkan untuk bersikap dan berkata jujur sejak dini akan lebih mudah untuk diterima di tengah masyarakat yang mendambakan kejujuran pada karakter setiap orang.

    5. Karakter cinta tanah air

Memiliki karakter cinta tanah air artinya adalah memiliki cara berpikir, cara bertindak, dan juga memiliki wawasan untuk menempatkan kepentingan bangsa dan negara  di atas kepentingan pribadinya maupun kepentingan atas kelompok atau golongan tertentu.

Pentingnya pendidikan karakter di sekolah pada bidang nasionalisme adalah agar peserta didik memiliki karakter yang siap berkorban demi kepentingan negaranya apabila negaranya sendiri menghadapi ancaman dari negara lain maupun kelompok tertentu.

Berikut video Macam - macam karakter yang ingin dibentuk


Kredit : Nur Barokah

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya