Sejarah Mata Uang di Indonesia

 


Kredit foto by tribunnews.com

Uang adalah alat transaksi jual beli, dengan uang kita bisa membeli apapun yang disediakan oleh penjual. Saat ini uang sudah berefolusi dari yang sebelumnya hanya Tunai, sekarang sudah tersedia Uang Electronik. Hal ini disebabkan perkembangan zaman yang semakin maju dan memudahkan orang bertransaksi jarak jauh.


Di Indonesia sendiri ternyata tidak hanya Rupiah mata uang yang digunakan. Bangsa ini Pernah berganti-ganti mata uang sebelum dintetapkan nya Rupiah sebagai mata uang resmi negara Indonesia. Lantas bagaimana sih sejarah perjalanan Rupiah di Indonesia?. Simak Penjelasan berikut!


Mata Uang Zaman Kerajaan

Pada zaman kerajaan uang sudah dikenal oleh masyarakat kerajaan, terbukti dengan ditemukannya koin-koin peninggalan kejaraan. Pada zaman kerajaan Majapahit, Mataram Kuno, Jenggala, Samudera Pasai. Uang yang di gunakan antara lain:

- Ma - Masa

- Dirham

- Keueh

- Kain

- Dinara

Sedangkan untuk uang dari penduduk lokal adalah Keping Tahil Jawa yak ni uang sebesar kancing baju yang terbuat dari emas dan perak. Uang ini sudah digunakan pada masa kerajaan Mataram Kuno, sekitar tahun 850/860 masehi, uang ini menjadi bukti awal sistem mata uang di Jawa bahkan Nusantara.


Mata Uang Zaman Penjajah

Berubahnya alat pertukaran atau Uang saat datangnya penjajah, para penjajah merubah mata uang zaman kerajaan menjadi Gulden dan Yen. Mata uang Gulden bertahan sangat lama di Nusantara, sedangkan mata uang Yen hanya bertahan sebentar. Saat Bank Indonesia berdiri pada Tahun 1953, Rupiah mulai dirilis menggantikan ORI (Oeang Republik Indonesia). Rupiah menjadi simbol perlawanan kepada penjajah karena Indonesia menggunakan alat transaksi sendiri. Rupiah menyiratkan Kedaulatan dan Kesejahteraan Negara. Mata Uang Rupiah tidak hanya sebagai media perlawanan kepada para penjajah, tetapi Rupiah juga menjadi media pemersatu bangsa. Hal ini dikarenakan di dalam selembar uang Rupiah terdapat Tokoh - Tokoh penting perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dan Keaneka ragaman budaya dan keindahan alam di Indonesia.


Itu tadi sejarah dari mata uang Rupiah, untuk lebih jelasnya mari simak video berikut! 



Kredit video by Here's TV

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya