Tips Berolahraga Saat Berpuasa

tips Olahraga


Halo sobat sedekahresep, masih dalam suasana lebaran ya.. Meskipun Ramadhan sudah lewat, ada bulan syawal yang menemani puasa kita kali ini. Walaupun berpuasa, jangan lupa untuk tetap berolahraga. Jangan sampai puasa kalian jadikan alasan untuk malas berolahraga. Tapi, bagaimana sih trik berolahraga yang benar atau tidak membuat puasa mu terasa berat namun tetap sehat. Berikut 5 tips yang bisa kamu ikuti untuk ;


1. Cukupi asupan air saat sahur

Asupan air yang cukup saat santap sahur akan mencegah risiko dehidrasi selama puasa. Personal trainer, Sunny Salique, mengatakan bahwa hidrasi adalah faktor yang sangat penting, apalagi saat Anda merencanakan olahraga.

"Saya biasanya minum empat gelas besar air sebelum matahari terbit, untuk memastikan saya terhidrasi seharian," ujar Salique, mengutip dari The Independent.


2. Asupan protein

Para ahli gizi kerap menyerukan pemenuhan kebutuhan nutrisi selama puasa. Asupan nutrisi yang tepat bakal membuat Anda tetap bertenaga, termasuk salah satunya untuk berolahraga, meski berpuasa.

Anar Allidina, ahli gizi yang berbasis di Ontario, Kanada, menyarankan untuk mengonsumsi smoothie jika Anda tak banyak memiliki waktu untuk menyiapkan menu sahur.


3. Memilih waktu yang sesuai

Anda bisa menentukan waktu olahraga terbaik antara sebelum berbuka atau setelah berbuka.

Namun, Allidina berkata, waktu terbaik untuk olahraga adalah tepat sebelum berbuka atau jelang matahari terbenam.

"Anda bisa sedikit mendorong diri untuk olahraga, sementara tahu kalau sebentar lagi akan berbuka," imbuhnya.

Namun olahraga setelah berbuka juga tidak masalah karena Anda sudah memiliki asupan energi. Dia menyarankan untuk memberikan jeda setidaknya satu jam setelah berbuka puasa sebelum mulai olahraga.


4. Berikan waktu istirahat yang cukup

Rutinitas olahraga memerlukan waktu untuk pemulihan atau istirahat. Namun, Anda bakal susah memenuhi kebutuhan istirahat kalau tidur terlalu larut dan bangun awal untuk ibadah.

Gharib berkata, Anda bisa mengupayakan waktu istirahat setelah salat subuh.

"Tidur sebentar itu perlu untuk pemulihan tubuh. Saya biasanya tidur lagi setelah salat subuh di jam 5 pagi dan tidur sebentar, lalu olahraga di jam 9 pagi," ujarnya.

Sedangkan Salique memilih menyempatkan tidur di jam 5 sore dan bangun saat waktunya berbuka.


5. Durasi yang ideal

Anda disarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu. Namun, jika belum bisa mencapai akumulasi waktu ini, cukup aktivitas fisik selama 10 menit per hari pun sudah baik untuk permulaan.

Nazia Khatun, body transformation coach, mengatakan bahwa Anda bisa melakukan peregangan, yoga, jalan kaki, atau gerakan apa pun yang bisa dilakukan.






Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya