Tips Jitu Berhasil saat Magang

Kredit : limakaki.com


 Hello Good People, gimana kabarnya?, Apa kalian sudah bosan dengan pembelajaran daring dari rumah?, Yap memang membosankan. Era pandemi saat ini pemerintah membatasi kita untuk melakukan kuliah/sekolah tatap muka, padahal pembelajaran tatap muka sangat kita butuhkan, apalagi buat teman-teman yang baru masuk kuliah, betul gak nih?. 


Berbicara tentang kuliah, pastinya kalian tidak asing lagi dengan istilah Magang!, lantas apa sih arti sesungguhnya Magang?, Magang adalah suatu program yang di canangkan oleh perusahaan atau lembaga pemerintahan untuk memberikan kesempatan kepada pelajar/mahasiswa. Sebagai mahasiswa Magang memiliki tujuan yaitu sebagai media mencari pengalaman kerja. Nah kita sudah tau nih artinya Magang dan tujuan Magang untuk apa, Lantas apalagi yang harus kita bahas?. Kali ini kita akan membahas tentang tips agar kalian bisa berhasil saat Magang dan bisa juga kalian di terima kerja di tempat magang kalian. 


Tips berhasil saat Magang penting banget buat kalian yang akan melakukan magang ke perusahaan-perusahaan pilihan kalian. Karena tips ini bisa membantu kalian agar kalian bisa di pertimbangkan oleh perusahaan untuk di rekrut menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Oke, berikut ini tips nya.


- Penuhi Persyaratan yang di minta Perusahaan

Nah Persyaratan adalah poin utama yang harus kamu siapkan sebelum kamu masuk di dunia permagangan. Karena peryaratan ini menentukan bagian apa yang dibuka untuk Magang dan semester berapa yang di butuh kan perusahaan (kualifikasi). Jangan memaksakan kehendak jika memang kualifikasimu berbeda dengan yang di minta oleh perusahaan, karena hasilnya akan sia - sia.


- Bersikap yang sopan

Atitude saat kamu melamar Magang di perusahaan, akan sangat diperhatikan oleh para HRD dan untuk menjadi pertimbangan mereka menerima atau menolak mu.  Salah satu realisasi Atitude yang baik adalah berkomunikasi dengan baik dan sopan. Terutama saat melakukan pengiriman file cv kamu  lewat Email, kamu harus memperhatikan format file, kata pengantar di Email, dll. 


- Jujur

Menjadi pelamar magang yang jujur adalah hal yang sangat wajib kamu lakukan. Jika kamu melamar magang di perusahaan besar, tentunya data-data kamu akan di cross check ulang oleh para HRD, dan data yang kamu kirimkan akan di mintai pertanggung jawaban pada saat kamu melakukan tes interview. Nah, mengapa memiliki kepribadian jujur disini sangat di butuhkan?, Karena kalau kamu tidak jujur dengan data-data kamu, kamu tidak akan di terima di perusahaan yang kamu lamar tersebut. 


- Kerjakan penugasan sebaik mungkin

Tak jarang untuk mengetahui sampai mana ilmu yang kamu dapatkan, pihak perusahaan akan memberikan tes/penugasan untuk menguji kamu. Hal ini sangat penting kamu kerjakan dengan benar dan teliti, karena sesi tes ini menentukan kamu di terima atau tidak, dan kalau diterima kamu juga akan di pertimbangkan untuk di tetapkan di bagian apa dengan jabatan apa. Oleh karena itu kerjakan tes tersebut dengan teliti dan jangan tergesah-gesah.


Persiapkan diri sebelum wawancara

Saat proses wawancara HRD akan melihat langsung wajah calon anak magang diperusahaan nya. Dan yang harus kamu lakukan adalah memberi kesan yang baik kepada mereka. Ada beberapa hal yang harus kamu pelajari sebelum melakukan wawancara, kamu harus mencari informasi tentang bidang yang kamu lamar, pelajari tentang profil perusahaan yang kamu lamar, gunakan bahasa yang baik dan benar, jangan panik. Pada saat wawancara berlangsung anda jangan menjadi pribadi yang sombong, cukup tekankan saja di bagian pengalaman kerja/ kelebihan keterampilan yang anda miliki.


Nah good people, bagaimana?, Apakah sudah mengerti dan sudah mempunyai gambaran tentang magang?. Tips di atas sangat membantu kalian untuk melakukan pelamaran magang di perusahaan yang kalian pilih. Semoga berhasil ya good people, dan bisa diterima di perusahaan tempat kalian magang.


Video dibawah ini membahas tentang keberhasil untuk diterima Magang di perusahaan pilihan kalian. Simak video berikut!, Dan jangan lupa lakukan cara melamar menjadi anak Magang sesuai dengan tips diatas. Semoga sukses. 

Kredit : Campuspedia

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya