Tips memilih Jurusan Kuliah

Kredit : tribunnews.com


 Haloo Good people, saat ini lagi rame-rame nya teman-teman semua pada nyarik tempat kuliah ya?. Untuk mencari tempat kuliah, apakah sudah di fikirkan mau masuk jurusan apa?. Aku ada Tips nih buat kalian yang bingung untuk nyarik jurusan kuliah. 

Tips berikut sangat penting untuk kamu simak dan kamu pahami good people, karena banyak dari teman-teman ku yang baru sadar kalau salah masuk jurusan saat udah beranjak semester 3, kan kalau kayak gitu semangat nya jadi berkurang?, ya kan good poeple. 


Berikut Tipa memilih Jurusan Kuliah agar kamu tidak salah masuk.

- Menyesuaikan dengan keinginan

Tips pertama ini sangat penting, karena kamu harus mengetahui dulu bakat dan minat kamu itu di bidang apa. 


- Motivasi diri

Memiliki motivasi diri yang kuat pada jurusan yang kamu pilih dapat membuat kamu akan terus bersemangat dalam menjalankan mata kuliah sampai kamu lulus. 


- Melihat Potensi diri

Disini saya tekankan, melihat potensi diri sangat penting, karena kita harus mengukur sampai mana kemampuan yang kita miliki, jangan sampai kita terlalu terbebani dengan materi-materi yang dosen berikan kepada kita.


- Menyesuaikan kepribadian

Kepribadian seseorang berbeda-beda, sama hal nya dengan potensi seseorang. Contohnya saja kita pandai dalam berbicara, sebaiknya kita mengambil jurusan jurnalis. Bakat saya berbicara, pasti bakat teman saya berbeda dengan saya. Itulah mengapa kita perlu memilih jurusan yang sesuai dengan Kepribadian kita.


- Jangan mengikuti Orang lain

Ini adalah pilihan yang banyak di acuhkan oleh teman-teman semua. Dimana kita akan mengikuti teman kita mengambil jurusan apa, alasan nya agar kita tetap setia kawan. Stop, itu kesalahan yang fatal, jika kita memilih jurusan berdasarkan pilihan teman, kita akan merugi/tidak akan bersemangat dalam menerima materi kuliah tersebut. Jadi kita harus memilih jurusan sesuai keinginan kita sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. 


- Prospek Kerja

Maksud Prospek Kerja disini adalah kamu harus mengetahui kamu ingin berkerja di bidang apa dan bagian apa. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti ingin bekerja di tempat yang nyaman menurut pribadi masing-masing, si A nyaman jika bekerja di tempat terbuka dan si B lebih nyaman kalau bekerja di dalam ruangan, dari contoh kecil tersebut kita dapat memastikan di mana kita akan bekerja dan jurusan apa yang cocok untuk kita. 


- Latar Belakang jurusan 

Ini penting buat kamu memilih jurusan, karena kamu dapat berkonsultasi kepada orang yang berpengalaman di jurusan tersebut yang akan kamu pilih, dan tentunya sebagai bahan pertimbangan kamu juga.


Gimana good people sudah terbantu dengan Tips-tips jitu dari aku?. Okey kalau begitu aku berikan video tentang pembahasan Tips-tips di atas, supaya lebih jelas. Terima kasih semoga bermanfaat.


Kredit : SBMPTN & SMNPTN

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya