Tips menabung di usia Muda


Kredit : IDNtimes.com


Hai sobat Milenial, bagaimana kabarnya?, Kali ini aku mau berbagi tips menabung buat kalian sobat milenial nih. Berbicara tentang menabung, yang keluar pertama kali di fikiran kita adalah uang, iya kan?, Menabung adalah menyisihkan uang yang kita miliki, dangan tujuan akan kita gunakan sewaktu-waktu kalau ada kebutuhan mendadak yang harus kita selesaikan dengan uang. 


Menabung sangat bermanfaat, terumata bagi kita yang masih berada di usia muda. Kenapa sangat bermanfaat?, Karena dengan menabung kita bisa mempunyai dana simpanan yang akan kita gunakan untuk membeli sesuatu atau kita gunakan untuk kebutuhan mendadak. Tentunya dengan menabung kita bisa meringankan beban orang tua kita, betul gak sobat milenial?. 

Nah karena menabung bermanfaat sekali buat diri kita, berikut tips untuk menabung di usia muda. Dan tentunya kalian gak bakalan menyesal karena menabung di usia muda. Simak baik - baik tips berikut.

- Tambah Pemasukan / kurangi Pengeluaran
Tips yang pertama sangat penting untuk menabung, kalian bisa memilih antara menambah pemasukan atau mengurangi pengeluaran. Kalau kalian menambah pemasukan, berarti kalian harus memiliki pekerjaan sampingin yang bisa menambah uang jajan kalian. Dan uang hasil kerja sampingan kalian harus kalian tabung, kalau kalian rasa uang jajan kalian sudah cukup tanpa harus memakai uang hasil kerja sampingan kalian, maka uang hasil kerja sampingan tabung semuanya. Selanjutnya kurangi pengeluaran, nah ini menarik, jika kalian tidak ingin/tidak sempat untuk kerja sampingan, sisihkan sedikit dari uang jajan kalian. Pengeluaran kalian harus kalian kurangi, dengan cara kebutuhan yang sekiranya tidak penting atau tidak mendesak jangan di beli, uang yang seharusnya kalian belikan untuk kebutuhan yang tidak penting, harus kalian sisihkan untuk di tabung.

- Jangan sisihkan tanpa Prioritaskan
Maksud dari tips kali ini adalah jangan menabung tanpa memprioritaskan artinya begini. Kalau kalian menyisihkan uang jajan kalian untuk menabung, pastinya uang tabungan akan lebih sedikit dibanding uang jajan. Tetapi kalau kalian memprioritaskan menabung nomer 1, maka uang tabungan kamh akan lebih banyak dibanding uang jajan kamu. Tips ini jarang sekali orang lakukan, karena kebanyakan orang lebih memilih menabung sisa dari membeli kebutuhan nya.

- Kurangi hutang!
Yap benar sekali kurangi hutang, hal ini ada kaitannya dengan kurangi pengeluaran. Kita berhutang pasti ada alasan nya betul tidak?, Berhutang memang boleh, tetapi kalau kita berhutang untuk membeli berang-barang yang sekiranya tidak kita butuhkan atau untuk sekedar pamer-pamer, lebih baik jangan. Karena hutang sendiri akan sangat merugikan kita, maksudnya?, Begini kalau kita berhutang kepada teman kita, kalau kita memiliki uang lebih pastinya kita akan mengembalikan uang teman kita tersebut, dan kita kehabisan uang untuk menabung. Kalau kita ingin membeli sesuatu jangan ambil kredit!, Lebih baik kita menabung sampai uang kita terkumpul sebesar harga yang ingin kita beli, ini akan lebih efisien walaupun agak memakan waktu lama. Berhutang boleh, tetapi untuk memenuhi kebutuhan bukan keinginan. 

- Kalau mau cepat?, Investasi sekarang
Di era saat ini investasi sangat marak di dunia maya, Investasi memang terlihat menjanjikan dan dapat melipat gandakan uang kalian, tetapi sebelum kalian berinvestasi pelajari dulu pasar saham itu seperti apa. Untuk berinvestasi kalian harus tau akan kalian inveskan ke mana uang kalian contohnya, kalau kalian ingin investasi aman dan dengan jangka panjang, cobalah investasi Emas, kalau kalian ingin investasi jangka pendek cobala macam-macam saham atau Treding Forex, kalau ingin aman aman lagi cobalah investasi Reksadana dan Deposito.

Nah bagaimana sobat milenial?, Apakah sudah mengerti tips-tips menabung di usia muda. Kalau kalian sudah menyimak tips-tips di atas pastinya kalian akan lebih bersemangat lagi untuk menabung, dan kalian akan membuat laporan keuangan pribadi kalian. 

Berikut ini ada video penjelasan mengenai tips-tps diatas, simak video berikut. 


Kredit : Finansialku.com

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya