5 Kayu Termahal Didunia


Dalam kehidupan sehari - hari, tanpa sadari kita selalu berhubungan dengan kayu. Kayu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Sudah tidak terhitung berapa jumlah barang yang dihasilkan dari pengelolahan kayu. Mulai dari furnitur di rumah hingga keperluan bermusik dan banyak lagi lainnya yang membutuhkan kayu. Dari ribuan jenis kayu, berikut 5 kayu termahal yang ada didunia.

    African Blackwood

Kayu ini juga di kenal dengan tanaman berbuanga yang termasuk dalam keluarga Fabaseae. Pohon African Blackwood dapat di temukan di daerah kering Afrika, tersebar di daerah timur, mulai Senegal sampai Provinsi Tansvhal di Afrika selatan. Harga dari kayu ini mampu menembus angka 7 - 10 juta Rupiah per meter kubiknya.

    Kayu Ebony

Kayu eboni makasar memiliki ciri- ciri warna yang tidak teratur dengan guratan dan bercak- bercak acak. Warnanya didominasi dengan cokelat kemerah-merahan dan hitam, serta selalu dalam bentuk strip yang lebar. Tinggi pohon kayu eboni bisa mencapai 20 - 40 meter dengan diameter hingga 100 cm.  Harga dari kayu ini di pasar internasional mencapai 30 juta per meter kubiknya.

    Kayu Bubinga

Kayu ini dapat di temukan di benua Afrika. Kayu ini biasa dipakai untuk berbagai barang yang membutuhkan kayu dengan kualitas terbaik. Bubinga juga sering digunakan untuk membuat alat musik, khususnya kecapi dan gitar, karena kayui ini bisa menghasilkan kualitas suara yang baik. Harga dari kayu ini mencapai 5 - 6,5 jt per meter kubik.

    Kayu Agarwood / Gaharu

Baunya yang khas membuat kayu gaharu ini dijadikan bahan baku membuat kosmetik, dupa, pengawet berbagai macam aksesoris hingga industri parfum. Kayu gaharu ini sebenarnya juga menimbun banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Harga perkilonya bisa mencapai 53 juta rupiah per kilonya.

    Kayu Bocote

Bacote merupakan pohon yang tumbuh subur di daerah Meksiko dan Amerika Selatan, dapat tumbuh setinggi 30 meter dengan diameter 1,5 meter. Jenis kayu ini banyak digunakan sebagai furniture karena warna kayunya cukup unik seperti motif zebra. Saat dibelah, kayu akan menghasilkan sejenis minyak.

Dengan adanya kandungan minyak dan motif kayu yang unik menambah kesan eksklusif dan mewah setiap dibentuk menjadi sebuah peralatan mebel. Selain dijadikan furniture, bacote juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan alat musik, pegangan senjata dan bagian dari kapal pesiar. Harga kayu ini mencapai angka 50 juta rupiah per meter kubiknya.

Berikut video 5 kayu termahal didunia


Kredit : Adnan Buyung

Kata kunci : Kayu Termahal, Deskripsi kayu, Analisa kayu.

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya