5 Universitas Terbaik di Kota Malang


Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km² yang terletak di tengah - tengah Kabupaten Malang.

Salah satu julukan Kota Malang adalah kota pendidikan. Julukan ini muncul lantaran banyaknya jumlah kampus dan sekolah yang ada di Malang raya sejak masa Hindia Belanda. Terdapat setidaknya lebih dari 80 Perguruan Tinggi yang tersebar di wilayah Malang Raya.

Jumlah perguruan tinggi yang sebanyak itu lah sehingga akhirnya banyak mahasiswa dari luar kota memenuhi kota Malang untuk menuntut ilmu. Namun ternyata julukan kota Pendidikan itu telah muncul jauh lebih lama sebelum terbentuknya kampus - kampus yang ada sekarang. Berikut daftar 5 Universitas terbaik di Kota Malang.

    1. Universitas Brawijaya

Perguruan tinggi di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di kota Malang melalui ketetapan menteri pendidikan dan ilmu pengetahuan nomor satu pada tanggal 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai diesnatalis UB. Universitas Brawijaya merukapan salah satu kampus elit di Indonesia dan secara konsisten menduduki peringkat 5 terbaik bersama dengan Universitas lainnya.

Berdasarkan penilaian resmi Kemenristek Dikti hingga kini Universitas Brawijaya telah memiliki 18 fakultas dan 221 program studi dengan rumpun keilmuan yang sangat luas. Mulai dari program vokasi, sarjana, magister, dokter, dokter spesialis dan profesi.

Berdasarkan data yang berasal dari Kemenristek Dikti, Universitas Brawijaya merupakan perguruan tinggi yang paling multidisipliner. Universitas Brawijaya telah memperoleh akreditasi institusi dengan peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Akreditasi tersebut telah diperoleh sejak tahun 2009 hingga kini. 

    2. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang atau UM menjadi salah satu perguruan tinggi negeri favorit di kota Malang. UM telah berdiri sejak tanggal 18 Okteber 1954 dimana sebelumnya bernama IKIP Malang. UM telah mendapatkan akreditasi peringkat A secara institusi berdasarkan keputusan nomor 240/sk/ban-pt/akred/pt/7/2014 dari ban-pt.

Saat ini UM memiliki 8 fakultas dan pascasarjana yang terdiri atas 31 jurusan departemen yang meliputi 75 Prodi kependidikan dan 45 Prodi nonkependidikan.

    3. Universitas Islam Negeri Malang

Sesuai dengan namanya UIN atau Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan perguruan tinggi Islam negeri yang terletak di kota Malang. Universitas ini berdiri pada tanggal 21 Juni 2004. Walaupun terdengar masih baru, Universitas ini dulunya adalah cabang dari UIN Sunan Ampel Surabaya yang merupakan Universitas Islam Negeri pertama yang ada di Jawa Timur. 

Saat ini UIN memiliki dua kampus dengan kampus satu di khususkan untuk program sarjana dan kampus dua untuk program pascasarjana. Dan progran studinya sendiri terdapat enam fakultas dengan 23 program studi sarjana dan 10 program studi pascasarjana.

    4. Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang atau Polinema awalnya bernama Program Pendidikan Diploma bidang teknik Universitas Brawijaya. Polinema dibuka berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti Kemendikbud nomor 03/DJ/KEP/1979 yang didirikan oleh pemerintah Indonesia melalui dana bank dunia.

Pada tahun 1982 Polinema hanya membuka 4 jurusan yakni teknik eletronika, teknik listrik, teknik mesin, dan teknik sipil. Saat ini sudah lebih dari 50 program studi yang dibagi menjadi dua jenjang pendidikan yaitu program Diploma atau D3 dan program sarjana Sains Terapan atau SST. Bahkan program studi Teknik Elektro juga menyediakan program pendidikan magister terapan yang setara dengan program magister S2 dengan masa pendidikan 2 tahun atau 4 semester.

    5. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki akreditasi  peringkat A. Kampus ini berlokasi di kawasan dingin kota Malang. Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1964 ini memiliki motto dari Muhammadiyah untuk bangsa.

Pada tahun 2019 lalu, UMM menempati peringkat 11 besar sebagai kampus swasta terbaik se Indonesia versi Kemenristek Dikti. Hingga kini UMM telah memiliki 11 fakultas dengan lebih dari 60 program studi atau jurusan. UMM sendiri memiliki 5 jenjang pendidikan yaitu Diploma atau D3, Sarjana atau S1, Program Profesi, Magister atau S2, dan Doktor atau S3.

Berikut video 5 Universitas Terbaik di Kota Malang


Kredit : Aerial Cityscape

Kata kunci : Universitas Kota Malang, Universitas Terbaik Kota Malang

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya