Asuransi Kendaraan : Deinisi, Manfaat, dan Hal Yang Wajib Diketahui

asuransi kendaraan


Kecelakaan bukanlah suatu kejadian yang diharapkan semua orang. Bukanhanya menanggung biaya pemulihan tubuh, namun juga bisa saja menanggung biaya kerusakan kendaraan. Tentu saja semua itu tidak murh. Apalagi kita tahu biaya service mobil tidak murah. 


Sebagai langkahpreventif, ada baiknya kamu menggunakan asuransi kendaraan. Beriikut ini akan dibahas apa itu asuransi kendaraan, dan informasi yang wajib kamu ketahui sebelum menentukan penggunaan asuransi kendaraan.


Apa itu asuransi kendaraan?

Asuransi kendaraan bermotor adalah pertanggungan kerugian maupun kerusakan terhadap kendaraan bermotor.


Pada prinsipnya jaminan yang akan ditanggung berupa kerusakan kendaraan bermotor itu sendiri dan juga tanggung jawab hukum pihak lain yang dirugikan ketika menggunakan kendaraan tersebut. 


Pertanggungan Dasar Asuransi Kendaraan Bermotor

Untuk pertanggungan dasar ini kamu akan mendapatkan perlindungan dari kerusakan kendaraan. Selain itu kamu akan mendapatkan perlindungan dari tanggung gugat yang terdiri dari tanggung jawab hukum pihak ketiga dan tanggung jawab hukum penumpang. Selain itu berdasarkan  pertanggungannya dibedakan menjadi dua jenis.


Yang pertama adalah gabungan atau comprehensive.  Pertanggungan ini disebut juga dengan all risk namun ada beberapa risiko pengecualian yang harus kamu perhatikan dengan baik dan benar. Disebut comprehensive karena asuransi ini menawarkan jaminan tanggung gugat terhadap pihak lain termasuk pihak ke 3.


Yang kedua adalah TLO atau Total Loss Only. Jaminan ini akan menanggung kerugian yang dialami oleh pemegang polis yang mana mengalami kerugian total atau nilainya mulai dari 75% sampai dengan kehilangan total. 


Premi yang dibayarkan lebih murah dibandingkan dengan all rik. Kamu tidak bisa mengajukan klaim jika kerugian yang kamu alami kurang dari 75%. Sehingga kerugian di bawah itu kamu harus membayar biaya sendiri.


Risiko yang Tidak Dijamin Asuransi

Risiko pertama yang tidak akan bisa di klaim adalah kendaraan tidak digunakan sebagaimana mestinya. Misalnya kendaraanmu digunakan sebagai kendaraan pribadi, namun saat kemalangan tersebut terjadi kendaraan digunakan untuk angkutan barang maka pihak asuransi tidak akan mengabulkan permintaan klaim.


Tidak hanya itu saja risiko yang tidak di klaim selanjutnya adalah kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan jahat orang dekar seperti saudara, suruhan tertanggung, maupun orang yang bekerja pada pemegang polis. Setelah itu kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh penggelapan, mobil kelebihan muatan, tetap dijalankan dalam keadaan rusak, masuk ke dalam zona yang dilarang, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk membaca polis dengan detail dan teliti agar mengetahui dengan pasti apa yang ditanggung dan tidak.


Asuransi kendaraan bermotor ini sangat penting untuk melindungi kendaraan kesayanganmu dari berbagai macam risiko yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Untuk info lebih lengkapnya, kamubisa nonton video dibawah ini yaa...







 

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya