Asuransi Kesehatan: Definisi dan Manfaatnya


asuransi kesehatan


Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang menanggung berbagai biaya pengobatan, maupun tindakan medis dan perawatan kesehatan lainnya. Pihak asuransi akan mengganti biaya yang dikeluarkan oleh tertanggung setiap kali tertanggung sakit atau mendapatkan perawatan sebagaimana yang tercantum dalam polis asuransi. Sama seperti asuransi jenis lainnya, Anda bisa membayar premi setiap bulan, tiap enam bulan, atau tiap tahun. 


Setiap orang sebaiknya memiliki asuransi kesehatan. Anggota keluarga yang tidak tergolong usia produktif pun juga sebaiknya memiliki asuransi kesehatan. Mengingat manfaatnya yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.


Sayangnya, tak sedikit orang yang beranggapan asuransi kesehatan itu investasi mahal. Bahkan, masih banyak yang berfikir bahwa mereka akan selalu sehat sehingga tidak perlu menggunakan asuransi. 


Walaupun faktanya, sakit bisa terjadi kapanpun. Tidak mengenal tempat dan kondisi waktu. Manfaat asuransi kesehatan sesungguhnya jauh lebih besar daripada premi yang kamu bayarkan. Beberapa manfaatnya yaitu;

-Meringankan biaya pengobatan yang tinggi

-Menjaga stabilitas kondisi keuangan keluarga

-Kemudahan mendapatkan akses perawatan

 
Jenis-jenis asuransi kesehatan

Ada berbagai jenis asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih. Perbedaan ini berdasarkan kepemilikan badan yang menyelenggarakannya, jenis perawatan yang di-cover, atau siapa yang ditanggung asuransi kesehatan tersebut. Manfaat asuransi kesehatan yang kamu terima saat sakit bisa dimaksimalkan jika kamu memahami dengan baik jenis-jenis asuransi kesehatan tersebut. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui


Asuransi Swasta 

Berdasarkan badan yang menyelenggarakan asuransi, ada jenis asuransi swasta. Asuransi jenis ini adalah asuransi kesehatan yang dikelola suatu perusahaan atau badan swasta. Asuransi jenis ini biasanya premi dibayarkan nasabah secara penuh. Premi yang dibayarkan pun bervariasi sesuai dengan manfaat yang akan diterima tertanggung.


Asuransi swasta inilah yang biasanya dianggap mahal oleh kebanyakan orang. Namun, kamu perlu memahami bahwa mahal tidaknya premi sangat bergantung pada apa saja yang ditanggung dalam polis asuransi yang kamu pilih.


Asuransi Pemerintah

Jenis asuransi terakhir adalah asuransi kesehatan pemerintah. Asuransi pemerintah ini lebih dikenal dengan BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan). Asuransi kesehatan yang dikelola pemerintah ini berorientasi pada penyediaan jaminan kesehatan pada masyarakat secara menyeluruh. Dalam pelaksanaannya pun, asuransi pemerintah ini menggunakan asas gotong royong sehingga bisa membantu masyarakat dari kondisi ekonomi menengah ke bawah.


Premi yang dibayarkan pun bisa disubsidi oleh pemerintah, tetapi hanya bagi mereka yang berhak mendapatkannya. Dikarenakan mengusung asa gotong royong dan dimaksudkan untuk meng-cover seluruh masyarakat Indonesia, asuransi pemerintah memiliki berbagai keterbatasan jika dibandingkan dengan asuransi swasta


Asuransi Rawat Jalan

Asuransi rawat jalan adalah asuransi yang menanggung biaya perawatan tertanggung ketika menjalani rawat jalan atas sakit yang dideritanya. Beberapa jenis biaya perawatan yang biasanya di-cover asuransi rawat jalan adalah cek lab, diagnosis medis, dan berbagai tindakan yang tidak mengharuskan tertanggung untuk menginap atau opname di rumah sakit. Rawat jalan pas untuk sakit yang bersifat non-darurat dan membutuhkan perawatan yang tidak sebentar. 

 

Asuransi Rawat Inap

Asuransi rawat inap memiliki manfaat utama untuk membiayai perawatan tertanggung selama menjalani rawat inap. 


Asuransi rawat inap juga memberikan manfaat maksimal jika melibatkan operasi bedah. Biasanya, pembedahan membutuhkan waktu cukup lama dan rumah sakit memasukkan tagihannya ke dalam tagihan rawat inap. Jika memiliki asuransi jenis ini, kamu tak perlu khawatir tentang biaya dan bisa fokus pada proses penyembuhan mu.


Asuransi Personal

Jenis asuransi selanjutnya adalah asuransi personal. Asuransi personal dilihat dari siapa yang ditanggung asuransi tersebut, yaitu individu secara perorangan. Perlindungan dan manfaat asuransi kesehatan yang diberikan hanya menjangkau satu orang saja yang memiliki asuransi tersebut. Di dalam polis asuransi personal, tertanggung tidak bisa menggunakan asuransi tersebut untuk orang lain.


Asuransi Kelompok

Berbeda dari asuransi personal yang hanya meng-cover secara perorangan, perlindungan kesehatan yang diberikan asuransi kelompok mencakup seluruh anggota suatu kelompok. Misalnya, asuransi kesehatan keluarga yang meng-cover satu keluarga atau asuransi kesehatan perusahaan yang mengcover satu perusahaan. Jadi, setiap anggota keluarga atau anggota perusahaan mendapatkan perlindungan yang sama dari asuransi kelompok yang dimiliki.


Cara menggunakan asuransi kesehatan


Apabila sudah memiliki asuransi kesehatan, Kamu tidak perlu khawatir lagi ketika harus menjalani pengobatan di rumah sakit. Sebab, perusahaan asuransilah yang akan menanggung biaya pengobatan muu. Adabeberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin menggunakan asuransi kesehatan, yaitu:


-Pastikan untuk selalu membayar premi asuransi kesehatan tepat waktu


-Pastikan polis asuransi kesehatan Anda sudah melewati masa tunggu untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan


-Pelajari klausul pengecualian secara cermat, contohnya seperti plafon asuransi yang disediakan. Plafon asuransi ini berisi jatah biaya medis maksimal yang akan ditanggung oleh asuransi selama pengobatan





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya