Asuransi Perjalanan : Definisi, Jenis, dan Manfaat

asuransi perjalanan


Asuransi perjalanan atau travel insurance merupakan salah satu jenis asuransi kerugian yang menyediakan perlindungan bagi seseorang selama berada dalam perjalanan. Asuransi ini sangat tepat untuk kamu yang suka bepergian jarak jauh dengan menggunakan pesawat, baik untuk business trip maupun liburan.

Dengan memproteksi diri dengan asuransi perjalanan, kamu tidak perlu lagi khawatir jika terjadi hal-hal tak menyenangkan selama di perjalanan seperti pesawat terlambat, bagasi hilang atau terlambat, kecopetan, hingga ketika harus dirawat di rumah sakit.

Karena, perusahaan asuransi akan menanggung kerugian finansial yang terjadi akibat hal tak terduga tersebut.

Jenis Asuransi Perjalanan

Ada beberapa jenis asuransi perjalanan, yaitu:

Asuransi internasional


Asuransi ini melindungi perjalanan Anda ke berbagai negara dari risiko medis. Jangka waktunya untuk kurun waktu tertentu.

Asuransi tahunan

Mencakup perjalanan baik domestik maupun internasional selama sepanjang tahun. Sejumlah perusahaan asuransi ada yang menyediakan asuransi khusus untuk umrah dan haji. Ada pula asuransi domestik yang akan memberikan perlindungan jika Anda melakukan perjalanan di seluruh penjuru Indonesia.

Asuransi student assist

Asuransi ini khusus untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri.

Asuransi medis dan evakuasi

Jenis asuransi ini akan menanggung biaya darurat medis ketika dalam perjalanan.


Asuransi pembatalan dan gangguan perjalanan

Asuransi ini mencakup biaya perjalanan yang tidak dapat dipulihkan ketika terjadi risiko tidak dapat melakukan perjalanan karena keadaan tak terduga seperti sakit atau pembatalan dari pihak agen perjalanan. Asuransi ini juga menanggung jika Anda sakit selama perjalanan dan harus kembali ke rumah.

Asuransi penerbangan


Risiko yang ditanggung oleh jenis asuransi ini terkait kecelakaan yang menyebabkan kematian saat Anda bepergian dengan pesawat komersial. Selain itu, memberikan penggantian nominal untuk penundaan perjalanan, misalnya karena keberangkatan pesawat ditunda.

Besaran premi

Premi asuransi perjalanan sangat beragam. Jika dibandingkan total biaya perjalanan, premi asuransi perjalanan terbilang kecil. Angkanya sekitar 1% dari total biaya perjalanan, tetapi ada pula yang mencapai jutaan rupiah tergantung jenis asuransinya. 

Namun, jangan khawatir. Beberapa perusahaan asuransi kini menyediakan banyak pilihan paket dengan harga premi yang terjangkau.


Selain itu, besaran premi biasanya juga dipengaruhi oleh usia traveler. Harga polis asuransi akan semakin besar jika yang melakukan perjalanan dalam usia lanjut. 

Alasannya, karena lansia lebih rentan penyakit jika dibandingkan yang lebih muda. Nilai pertanggungannya juga beragam, tergantung jenis asuransi yang kita pilih.

Cara klaim


Ada dua skema dalam proses klaim asuransi perjalanan. Pertama, untuk perusahaan asuransi yang termasuk dalam worldwide provider. Saat terjadi kecelakaan, Anda bisa menunjukkan asuransi tersebut kepada pihak rumah sakit. 


Akan tetapi, tidak semua perusahaan asuransi menyediakan asuransi ini.
Umumnya, jika jatuh sakit atau mengalami kecelakaan dalam perjalanan, 


Anda bisa berobat di lokasi tempat melakukan perjalanan, kemudian meminta surat keterangan dokter yang menjadi bukti untuk pengajuan klaim di Indonesia.
Hal yang penting adalah, Anda harus mempelajari dengan teliti fasilitas dan apa saja yang tercakup dalam asuransi perjalanan yang Anda pilih.


Manfaat 



Perlindungan medis

Kamu akan mendapatkan manfaat pengobatan di luar negeri, baik berupa penggantian biaya pengobatan (hospital benefit) maupun santunan tunai harian untuk rawat inap di luar negeri (cash plan).

Bantuan darurat

Menghadapi masalah di negeri orang pasti tidak menyenangkan. Asuransi perjalanan memberikan bantuan darurat jika kamu menghadapi hal tak terduga yang tidak menyenangkan di luar negeri. Bantuan darurat ini mencakup evakuasi medis, pemulangan jenazah, dan 24 jam hotline bantuan darurat.

Manfaat kecelakaan

Jika kamu mengalami kecelakaan di luar negeri, maka asuransi perjalanan akan memberikan santunan kecelakaan dan santunan cacat permanen.

Manfaat kunjungan dan perawatan

Manfaat ini memberikan penggantian biaya untuk satu orang kerabat atau keluarga untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama jika nasabah dirawat di luar negeri.

Ketidaknyamanan perjalanan


Risiko yang juga mengintai seseorang bila bepergian ialah risiko barang rusak atau hilang, serta keterlambatan penerbangan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka kamu akan memperoleh perlindungan atas kerusakan dan kehilangan bagasi, uang, dan dokumen yang hilang selama perjalanan, atau luka akibat huru-hara atau terorisme.


Kemudian, kamu akan memperoleh santunan untuk keterlambatan penerbangan dan bagasi, serta perlindungan atas pembatalan perjalanan.





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya