Bahaya Stunting!

Kredit foto by kompa.com


Hai good people, Apakah kalian tau apa itu Stunting?, Stunting adalah Kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Dengan kata lain Stunting adalah perlambatan pertumbuhan yang tidak sama dengan teman sebayanya.


Angka Stunting di Indonesia termasuk kategori tinggi, hal ini tentunya ada sebabnya. Oleh karena itu simak penjelasan berikut ini agar kamu mengentahui hal-hal yang berkaitan dengan Stunting.


Penyebab Stunting

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak, hal ini diakibatkan karena kekurangan gizi kronis pada periode awal pertumbuhannya. Stunting akan sulit di atasi jika anak sudah mencapai usia 2 tahun. Tetapi tidak semua anak yang memiliki tubuh pendek/kerdil mengidap Stunting, dikatakan anak itu mengidap Stunting apabila pertumbuhannya berada di bawah Kurva Pertumbuhan WHO.

Cara untuk mencegah Stunting

1. Saat Hamil ikuti pola hidup sehat
    
    Pola hidup sehat lakukan dengan mengonsumsi makanan Bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan air dengan minum air putih 8 gelas/hari, tepati jadwal konsultasi kehamilan sesuai yang dianjurkan Dokter/Bidan. Hindari minuman beralkohol, dan paparan asap rokok, baik dirumah maupun di luar rumah. Konsumsi vitamin dan suplemen sesuai anjuran Dokter.

2. Berikan Nutrisi lenkap kepada bayi

    Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan inisiasi menyusui dini segera setelah melahirkan, memberikan ASI eksklusif, serta memberikan empasi yang bergizi sesuai anjuran Dokter. 

3. Ajak sikecil Posyandu secara rutin

    Periksakan Sikecil ke Posyandu atau Puskesmas secara rutin, agar kenaikan berat badan dan tinggi badannya bisa dipantau, dan kemudian akan dibandingkan dengan kurva pertumbuhan dari WHO. Bayi berumur kurang dari 1 tahun, periksakan setiap 1 bulan sekali. Sedangkan Bayi berusia 1-2 tahun maka periksakan setiap 3 bulan sekali.


Nah itu tadi adalah tips untuk mencegah Stunting, berikut ini akan aku sertakan video penjelasan dari Dokter yang akan membahas khusus tentang Stunting.



Kredit video by Alodokter

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya