Cara Ampuh Mengatasi Overthinking

overthinking


Tak bisa dimungkiri, overthinking bisa menjadi salah satu penghambat untuk tetap produktif dalam bekerja. Beban pikiran yang berlebihan membuatmu tidak akan fokus ketika di kantor. Alhasil, kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaanmu dan berpotensi kena teguran dari atasan. Berikut solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi overthinking yang kamu miliki.


Berhenti jadi perfeksionis

Kebanyakan orang overthinking karena merasa dirinya kurang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Kurang cerdas, kurang rapi, kurang bagus, dan kurang-kurang lainnya.


Hal itu akan menimbulkan overthinking karena kamu percaya bahwa pekerjaanmu kurang bagus.Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengatasi overthinking adalah dengan berhenti jadi perfeksionis.Terkadang, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu lebih baik daripada membuat pekerjaan sesempurna mungkin.


Awali hari dengan baik

Salah satu cara mengatasi overthinking adalah memulai hari dengan kebahagiaan. Misalnya, bangun pagi, lalu menyiram tanaman ataupun langsung sarapan. Jika ada waktu, mungkin kamu bisa olahraga sejenak sebelum sarapan dan mandi, lalu kemudian berangkat kerja.


Cara ini cukup ampuh untuk membuat pikiran-pikiran negatif yang mungkin menempel di malam hari hilang dari kepalamu. Selain itu, mengawali hari dengan baik juga menandakan bahwa kamu siap untuk bekerja.


Berpikir positif

Sebelum mengetahui cara mengatasi overthinking, sebaiknya kamu harus mengubah cara pikirmu pada suatu peristiwa atau kejadian tertentu. Sebagai contoh, pada suatu hari kamu tidak disapa oleh bosmu saat sedang berpapasan. 


Nah, dalam peristiwa ini jangan berpikiran bahwa bosmu tidak menyapamu karena ia tidak suka dengan kinerjamu. Ubahlah cara pikirmu kepada hal-hal positif. Misalnya, mungkin saja bosmu tidak menyapamu karena ia sedang sibuk dan buru-buru untuk ke ruangannya.


Fokus pada solusi

Dilansir dari Forbes, memikirkan masalah tidak akan membantumu, tetapi memikirkan solusi dari masalah tersebut akan sangat membantumu. Jangan biarkan pikiranmu mengarah kepada masalah yang terjadi kepada dirimu. Sebisa mungkin, alihkan untuk memikirkan solusinya.


Tanyakan pada diri sendiri langkah apa yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan masalah. Daripada bertanya “Mengapa ini terjadi?”, sebaiknya bertanya “Apa yang dapat aku lakukan?”.


Alihkan pada kebahagiaan

Pikirkan hal-hal yang membuatmu bahagia. Misalnya, menggambar, menulis, bermain musik, atau hobi-hobi yang membuatmu dapat melupakan masalah. Dilansir dari Inc, cara tersebut cukup ampuh untuk mengatasi overthinking.


Sebagai contoh, misalkan  kamu sedang mengalami overthinking di kantor, maka sebaiknya pikirkan bahwa nanti saat pulang ke rumah kamu akan menggambar ataupun menulis novel. Selain itu, kamu juga bisa mengalihkan pikiran untuk mengambi cuti dan liburan agar mengurangi pikiran yang berlebihan.


Bersyukur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebanyakan orang overthinking karena mereka merasa bahwa dirinya kurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu harus bersyukur dengan apa saja yang sudah didapatkan saat ini. Daripada fokus kepada kekuranganmu, lebih baik fokus untuk terus mengasah skill-mu demi menunjang karier ke depannya.


Itu dia enam cara mengatasi overthinking yang bisa kamu terapkan supaya dapat meraih produktivitas dalam bekerja. Ingat, overthinking tidak akan membantumu dalam menyelesaikan masalah. Justru, itu bisa membuatmu masuk ke dalam masalah yang lainnya.


Tantang ketakutanmu sendiri

Rasa takut bisa menghambat keberhasilan seseorang. Kamu gak bisa mempertimbangkan hal lain jika terus memikirkan hal-hal yang membuatmu takut untuk mengambil langkah. Tantang ketakutanmu itu dengan cara memberi reward untuk dirimu sendiri jika kamu berhasil melawannya. Dengan begitu, kamu tak akan tenggelam dalam rasa takut yang berlarut-larut.


Ubah ketakutanmu menjadi sebuah antisipasi

Jika overthinking datang saat kamu akan mengambil keputusan, coba deh buat list apa yang kamu takutkan. Setelah itu buat rencana untuk mengatasi ketakutan-ketakutan tersebut. Hal ini juga membuatmu terbiasa untuk menghadapi berbagai situasi buruk. Rencana cadangan akan membuatmu lebih nyaman dan tidak takut lagi menghadapi hal-hal yang belum pasti.


Beri batas waktu dalam mengambil keputusan

Overthinking biasanya datang ketika seseorang dihadapakan dengan pengambilan keputusan yang besar. Orang tidak mau salah dalam mengambil langkah, sehingga mereka akan terus memikirkan keputusan apa yang tepat.


Cara yang paling mudah agar kamu tidak overthinking adalah dengan menentukan batas dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, kamu memiliki waktu kapan harus memikirkannya dan kapan harus berhenti memikirkannya.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya