Cara mengatasi Overthinking!


Kredit foto by google

Hai good people, pernah gak si kamu berfikir yang lama banget dan bahkan sampai menyita waktu kamu?. Sebenarnya kamu sendiri sadar bahwa hal tersebut yang kamu fikirkan itu berlebihan. Bisa jadi kamu memikirkan hal yang sudah terjadi dimasa lalu, atau hal yang belum jelas terjadi di masa depan. Hal ini terjadi mungkin karena kamu pernah mengalami rasa malu, sakit hati, dan lain sebagainya. Atau kamu akan memikirkan masa depan, kamu cemas akan kehidupan yang akan kamu alami, kawatir karena kamu tidak bisa menangani masalah yang ada di masa depan, dan lain lain.

Nah dengan adanya penjelasan dibawah ini, kamu akan bisa mengatasi itu semua. Fikiran tersebut seringkali muncul saat kamu akan tidur, walaupun lampu sudah kamu matikan berjam-jam tetapi kamu belum juga bisa tidur, al hasil kamu akan mengalihkannya dengan bermain Hp. Jika ini terjadi dengan kamu setiap hari, maka jam istirahat kamu akan mulai terganggu yang akan berdampak pada kesehatan kamu. Baiklah simak penjelasan berikut ini!. 


Apa itu Overthinking?

Overthingking memiliki arti simple yaitu kebanyakan mikir, Overthinking terjadi saat otak kamu mikir secara terus menerus, padahal kamu tidak segaja mikirin itu semua. Overthinking sendiri terbagi menjadi 2 jenis pemikiran yaitu:

- Pemikiran tentang masa lalu
- Pemikiran tentang masa depan

Pemikiran tentang masa lalu

Hal ini dapat terjadi karena ada sebuah penyesalan yang belum bisa kamu proses, belum bisa move on tentang hal itu, contoh nya begini: "kenapa aku melakukan itu, coba kalo aku tidak melakukan Y pasti aku akan mendapatkan X". Nah kenapa sih ini bisa terjadi?. Hal ini dikarenakan bisa jadi ada pesan dari otak kamu bahwa ada sebuah masalah yang belum kamu terima dimasa lalu. Jadinya kamu tidak bisa move on dari masalah itu, akhirnya kepikiran terus sampai sekarang. 

Pemikiran tentang masa depan

Nah kalau tadi kan pemikiran tentang masa lalu, lantas bagaimana kalau masa depan?, apa yang menyebabkan?. Hal ini dikarenakan kemungkinan otak kamu sedang kawatir atau cemas terhadap kejadian yang akan terjadi kepada kamu. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus menerima masalah yang sudah terjadi kepada kamu atau menerima hal-hal yang menurut kamu akan terjadi di masa depan. 

Tips mengatasi Overthinking

- Tulis masalah apa saja yang selama ini kamu pikirkan

Dengan kamu menulis masalah apa saja yang kamu fikirkan dan bisa kamu selesaikan satu per satu dan kamu hilangkan dari catatan kamu, maka kamu akan menghilangkan beban fikiran kamu sedikit demi sedikit. dengan menulis ini, kamu akan membuat fikiran kamu jadi terstruktur. Jika kamu sudah menyelesaikan masalah yang pernah kamu hadapi, dan sudah kamu hilangkan dari catatan kamu, maka kamu tidak perlu lagi untuk mengingat ingat masalah tersebut.


Nah itu tadi adalah tips untuk mengatasi Overthinking, video berikut ini berisi tentang penjelasan cara mengatasi Overthinking, simak video berikut ini!. 



Kredit video by Satu Persen

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya