Cara Menguasai Skill Public Speaking (Part 1)


public speaking tips


Public Speaking sudah menjadi suatu keahlian yang wajib untuk dimiliki jika ingin publik mendengar pendapatmu dengan baik. Banyak sekali peluang kesuksesan  jika seseorang telah menguasai public speaking. 


Namun tentu saja skill public speaking tidak bisa dikuasai dengan mudah. Bermodal percaya diri saja tidak akan cukup untuk menguasai public speaking. Pengetahuan seorang public speaker juga perlu diasah. Selain itu, pengalaman juga sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara seseorang.


Inti dari public speaking adalah mmengajak audience untuk melakukan apa yang kita sampaikan. Atau paling tidak membuat aduience untuk berpartisipasi menyebarkan informasi yang kita sampaikan. Poin ini sudah lama ditemukan oleh Aristotle. Aristotle juga menjabarkan lebih tujuan dari public spaking dalam tiga poin yang ia sebut Ethos, Logos, dan Pathos. 


Ethos artinya bagaimana seorang pembicara bisa mendapatkan perhatian dari audience nya. Logos memiliki makna bagaimana cara seorang pembicara mampu memperkuat poin pembicaraanya dengan menggunakan rangkaian fakta yang relevan. Poin terakhir yaitu Pathos yang berarti bagaimanaseorang pembicara mampu menumpahkan seluruh emosinya untuk meyakinkan audience tentang point yang ia bicarakan.  


Untuk membantumu meningkatkan skill public speaking, berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan;


Berlatih

Berlatih adalah kunci dari segala kesuksesan.  Winston Churcill bahkan mengghabiskan satu jam untuk setiap menit poin yang ia bicarakan. Yang artinya, 45 jam persiapan untuk 45 menit waktu perform.  Hal itu telah membuktikan bahwa sesuatu yang bagus tidak bisa ditempuh secara instan.  


Pidato yang bagus adalah pidato yang terlihat mengalir (tanpa teks), Ringkas namun telah mencangkup keseluruhan point, dan spontan. Mark Twain pernah bekata “ Biasanya saya membutuhkan waktu tiga pekan untuk menyiapkan pidato impromtu yang bagus.”


Mulai dengan Ide besar

Yang dimaksud dengan ide besar disini adalah poin utama yang akan kamu sampaikan. Buatlah ide besar itu menjadi implisit dan menarik sehingga audience akan lebih penasaran. Sampaikan ide besar tersebut pada menit pertama pidato dimulai. Seperti yang sering dilakukan oleh pembicara di TED Talks. “Pendidikanlah yang membawa kita pada masa depan yang tidak mampu kita genggam”- Sir Ken Robinson. 


Diam

Napoleon Bonaparte memiliki keahlian untuk mengumpulkan pasukannya. Dia tidak menggunakan seruan yang ber api-api seperti yang dilakukan oleh soekarno.  Dengan tubuhnya yang kecil, ia menggunakan kekuatan keheningan. Sebelum pertempuran dimulai, ia akan berdiri diam di hadapan pasukannya selama hampir satu menit penuh sebelum akhirnya berbicara kepada mereka. 


Hume pernah berkata “ Sebeum anda berbicara, tataplah mata setiap calon pendengar anda. Setiap detik tatapan anda akan memberikan dampak yang kuat terhadap kata-kata anda.” Secara tidak langsung cara ini membuat calon pendengar anda turut diam dan menunggu untuk perkataan anda selanjutnya. Dari situlah anda sudah mendapat perhatian audience anda.


Itu tadi adalah strategi awal yang bisa kalian lakukan untuk memulai pidato anda, strategi selanjutnya akan dibahas dalam Part 2 :) , semoga berhasil !





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya