Cara menulis Resensi


Kredit foto by GuruPendidik.com


Hai good people, kembali lagi dengan aku, kali ini aku akan memberikan informasi mengenai cara menulis Resensi. Unsur-unsur Resensi antara lain: profil dari sebuah buku yang berisi: Judul, Data Buku (Pengarang, Penerbit, Tahun Terbit, Dimensi, Harga), Isi Resensi, Penutup. 

Beribicara Resensi apakah kamu tau Resensi itu apa?. Resensi adalah Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari buku yang diperuntukkan untuk pembaca. Dengan kata lain Resensi adalah cara orang mengapresiasikan suatu karya lewat buku. Oke, sekarang mari simak penjelasan cara menulis Resensi berikut ini!


Menentukan Buku

Awal sendiri kamu harus menentukan buku mana yang akan kamu Resensi. Berisi hal-hal atau persoalan yang aktual atau nyata, Buku tersebut memiliki kualitas yang sangat baik, Belum pernah di resensi sama sekali, Buku tersebut merupakan buku terbitan baru. Itu tadi adalah alasan untuk membuat Resensi dari sebuah buku yang anda minati.

Menulis Identitas Buku

Untuk melakukan Resensi kamu harus Menulis Identitas dari Buku tersebut berupa : Judul, Penulis, Penerbit, ISBN, Harga Buku. Jangan lupa anda harus mencantumkan Harga, karena harga sebagai tolak ukur orang membeli buku dengan kualitas yang bagus atau biasa saja.

Menulis Sinopsis Buku

Setelah kamu membaca buku tersebut sampai selesai, kamu harus membuat sinopsisnya atau ringkasan dari isi buku tersebut. Agar memudahkan kamu dalam membuat Resensi, hal ini dikarenakan jika kamu sudah bisa membuat ringkasan dari isi buku tersebut berarti kamu faham betul dari cerita yang ada di dalam buku tersebut.

Menilai Karya

Di dalam Resensi yang kamu buat, kamu bisa mencantumkan kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Jika isi dari buku tersebut kurang bagus menurut kamu, jangan ragu-ragu untuk memberikan penilaian rendah. Karena itu juga akan dijadikan pelajaran oleh si Penulis.

Manfaat Resensi

1. Bahan Pertimbangan

Resensi akan di baca oleh orang yang akan membeli atau membeca buku yang kamu resensikan. Sebagai Bahan Pertimbangan untuk mengetahui buku tersebut bagus atau tidaknya.
 
2. Sarana Promosi Buku

Membuat Resensi dengan jujur tentang kualitas dari buku tersebut, contohnya jika kamu telah selesai meresensi suatu buku, dan kamu berikan nilai bagus, maka buku tersebut secara tidak langsung akan dilihat orang dari penilaian yang kamu berikan.

3. Pengembangan Kreativitas

Dengan menulis Resensi kamu harus mengembangkan kreativitas kamu dalam menulis, karena jika resensimu jelek maka orang tidak akan tertarik untuk membaca Resensi kamu dan yang paling parah calon pembaca tidak mau membeli buku itu karena Resensinya jelek.


Nah  itu tadi adalah Tips untuk kamu yang ingin menulis Resensi, untuk lebih jelasnya mari simak video berikut ini! 



Kredit video by Arena Lomba

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya