Ciri-Ciri Hewan Qurban Yang Sesuai Syariat Islam

 
syarat hewan qurban

Ibnu Abbas ra, beliau berkata:

"Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor unta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang."


Berkurban memang salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan bagi mereka yang punya kelebihan rejeki. Oleh karenanya, kalian harus tahu apa saja tips-tips dalam memilih hewan kurban bagi mereka yang ingin berkurban. Dilansir dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (24/7/2020), beginilah tips memilih hewan kurban berdasarkan syariat atau kaidah Islam.


Hewan tidak memiliki kecacatan

Selain sehat, hewan yang akan dikurbankan pun haruslah tidak memiliki kecacatan fisik, seperti tidak pincang, tidak buta, dan telinga hewan juga tidak rusak (tetapi berdasarkan kesepakatan ulama, bahwa bekas Eartag atau penanda lainnya dianggap bukan suatu kecacatan).


Hewan yang sehat

Dalam memilih hewan kurban tak bisa asal milih begitu saja. Kamu harus perhatikan bahwa hewan yang ingin dibeli dan dikurbankan sehat dengan ciri-ciri, seperti bulu bersih dan mengkilat, gemuk dan lincah, muka cerah, nafsu makan baik, lubang kumlah (mulut, mata, hidung, telinga, dan anus) bersih dan normal, serta suhu badan normal sekitar 37 derajat celcius alias tidak demam.


Cukup Umur

Selain dari fisik, salah satu syarat hewan kurban yang baik adalah sukah cukup umur. Adapun klasifikasinya adalah:


-Kambing atau domba, umur harus lebih dari 1 tahun yang ditandai dengan sudah tumbuhnya sepasang gigi tetap

-Untuk sapi atau kerbau, setidaknya harus berumur lebih dari 2 tahun dan juga ditandai dengan sudah tumbuhnya sepasang gigi tetap


Meski tidak diwajibkan, namun masyarakat dihimbau untuk sebaiknya mengurbankan hewan ternak yang jantan. Hal ini dikarenakan kambing betina dibutuhkan keberadaannya untuk menjaga populasi. Selain itu, pemilihan hewan kurban juga harus benar-benar dilakukan dengan teliti jangan sampai memilih hewan kurban yang belum cukup umur.


Cek gigi hewan

Untuk mengetahui usia minimal, kamu bisa mencoba tips memilih hewan qurban lainnya, yaitu dengan mengecek gig dari hewan tersebut. Pengecekan ini juga sangat mudah lho, sehingga bisa kamu lakukan secara manual. Perhatikan saja gigi susu yang terdapat pada hewan ternak. Untuk sapi, tanda jika hewan ternak ini sudah berumur sekitar 22 bulan adalah copotnya dua gigi susu pada bagian depan gigi.


Begitupun dengan ternak kambing atau domba, yang mana tips memilih hewan qurban ini bisa dilihat dari dua gigi susu yang terlepas, sehingga hewan tersebut bisa dipastikan sudah berumur kira-kira seikitar 12 hingga 18 bulan.


#qurban #hewanternak #dagingsehat


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya