Daftar Jurusan Dengan Prospek Kerja Yang Luas

jurusan terbaik


Memilih jurusan tentu bukanlah perkara yang sepele. Karena apapun jurusan yang kamu pilih pasti akan berpengaruh terhadap profesi mu nantinya. Maka dari itu, sangat perlu untuk mengetahui jurusan apa saja yyang memiliki prospek kerja yang baik kedepannya. Berikut ini adalah daftar jurusan yang memiliki prospek kerja menguntungkan di masa depan ;


Sastra Inggris

Jurusan yang banyak peluang kerja yang pertama adalah jurusan sastra Inggris. Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui bahwa jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang sangat menjanjikan dari macam-macam jurusan kuliah di Indonesia. Namun, entah mengapa jurusan yang satu ini masih sangat sedikit peminatnya.


Padahal jurusan yang satu ini memiliki beberapa pekerjaan dengan nilai tinggi, khususnya sebagai penerjemah yang memiliki gaji cukup menarik. Selain menjadi penerjemah, para lulusan Sastra Inggris pun dapat bekerja sebagai guru ataupun dosen di Universitas.


Tak hanya itu saja, lulusan Sastra Inggris juga dapat menjadi tenaga kursus pendidikan Bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris. Dunia pariwisata juga sebenarnya sangat membutuhkan tenaga para lulusan Sastra Inggris sebagai pemandu wisata untuk turis dari luar negeri. Bahkan para lulusan Sastra Inggris pun juga akan dilirik di dunia Percetakan tentunya sebagai salah satu penulis atau sebagai editor.


Pendidikan Dokter

Saat ini negara Indonesia kita butuh sekali tenaga kesehatan apalagi masa mendatang, kita pasti akan membutuhkan lebih banyak lagi dokter – bukan hanya dokter umum, tapi juga dokter-dokter spesialis. Kita lihat saat Pandemi saat ini, dokter adalah tenaga kesehatan yang sangat penting. So, kalau ditanya tentang jurusan yang banyak 


Psikologi

Coba kita lihat, masa pandemi banyak dikalangan masyarakat yang stres atau jenuh, yap semua pergi ke psikologi. Psikologi adalah salah satu jurusan Ingin kuliah yang banyak dibutuhkan. Dan alumni jurusan ini dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Selain menjadi bagian dari divisi HRD, seorang psikolog juga bisa menjadi terapis atau konselor yang bekerja secara mandiri. Mantap!


Teknik Elektro

Jurusan yang paling banyak peluang kerja di masa depan selanjutnya adalah jurusan teknik elektro. Prospek kerja teknik elektro sangat luas mulai dari perusahaan peralatan listrik, konsultan listrik, perusahaan umum, hingga perusahaan pembangkit tenaga listrik. Soal gaji tak perlu ditanya, karena jumlah yang ditawarkan cukup besar. 


Ilmu Komunikasi

Jurusan yang banyak peluang kerja selanjutnya adalah jurusan ilmu komunikasi. Bagi kamu yang berasal dari jurusan IPS, ada salah satu jurusan di rumpun ilmu sosial yang sangat menarik. Karena para lulusan jurusan ini umumnya akan bekerja di industri kreatif yang notabene adalah industri yang sangat berkembang dan menjanjikan di era sekarang hingga masa mendatang. 


Jika kamu mengambil jurusan ini, nantinya kamu akan mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman.


Ekonomi

Jurusan yang banyak peluang kerja berikutnya adalah jurusan ekonomi. Hampir di semua sektor bisnis dan usaha akan berhubungan dengan ekonomi. Hal ini karena jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di pasar kerja. Dari sekian banyaknya fakultas, jurusan ekonomi memang menjadi fakultas yang paling diminati oleh sebagian besar calon dari berbagai penjuru daerah. 


Sarjana Ekonomi bisa dikatakan punya cakupan yang luas untuk memilih lapangan pekerjaan yang akan ditekuni dan akan terus demikian hingga di masa mendatang.Salah satu bidang ekonomi yang juga laris menghasilkan lulusan Sarjana Ekonomi yang mudah mendapat pekerjaan adalah jurusan Akuntansi. 


Lulusannya bisa bekerja sebagai akunting di kantor ataupun membuka jasa Akuntan Publik yang akan berhubungan dengan pengurusan rekam jejak transaksi, menyiapkan surat-surat keuangan dan juga pengurusan pengembalian pajak (tax returns).


Ilmu Hukum

Jurusan yang banyak peluang kerja selanjutnya adalah jurusan ilmu hukum. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali perusahaan yang pasti membutuhkan ahli-ahli dalam bidang hukum di dalamnya. Jadi kamu tak perlu terlalu khawatir akan sulit mencari pekerjaan jika masuk hukum, karena terdapat banyak lapangan kerja di masa mendatang untuk kalian.


Teknik Mesin

Jurusan yang banyak peluang kerja di masa depan yang keenam adalah jurusan teknik mesin. Teknik Mesin merupakan ilmu yang mempelajari aplikasi dari prinsip fisika untuk desain mesin, manufaktur, analisis suatu mesin,dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang ada.


Di setiap harinya ada berbagai mesin yang digunakan untuk membantu kehidupan kita, seperti mesin pabrik, kendaraan motor, serta mesin yang bisa menjalankan dirinya sendiri (robot). Oleh karena itu para lulusan teknik mesin ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan besar. 


Teknik Perminyakan Dan Pertambangan

Jurusan yang satu ini bisa masuk ke salah satu jurusan yang banyak peluang kerjanya loh. Kamu akan bekerja untuk mengolah sumber daya alam di beberapa daerah yang mempunyai tambang minyak dan gas. Berbicara soal gaji, jurusan ini cukup banyak peminatnya karena menjanjikan gaji yang nominalnya cukup besar.


Jurusan Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia bisa menjadi jurusan yang banyak peluang kerja juga nih guys. Untuk jurusan yang satu ini peminatnya memang terbilang tidak banyak, namun untuk prospek lulusan jurusan teknik kimia ini ternyata cukup menjanjikan. 

Kamu bisa mendapatkan penawaran gaji yang nominalnya tidak sedikit dari sejumlah pabrik pengelolaan proses kimia atau industri-industri yang memproses kimia seperti industri pengolahan minyak bumi, industri gas, industri obat-obatan, makanan, dan lainnya.


Teknik Informatika

Jurusan yang paling banyak peluang kerja selanjutnya adalah jurusan teknik informatika. Dimana melihat kemajuan teknologi yang semakin pesat, para lulusan teknik informatika atau yang biasa disebut dengan jurusan teknik komputer menjadi salah satu jurusan yang masa depannya cerah. Peluang kerjanya pun masih sangat luas apalagi untuk di masa mendatang, begitu pula penghasilan yang bisa didapatkan.





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya