Definisi Cerdas menurut Howard Gardner


Kredit foto by kumpulaninfo


Hai good people, kali ini aku akan memberikan sebuah tips  untuk anda yang kebingungan dengan Kemampuan diri anda. Apakah anda pernah bingung, apa sih bakat yang anda miliki?, Lantas kalau anda bekerja, anda mau bekerja di bidang apa?. Sering kali kita kesulitan untuk memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Hal ini dikarenakan kita tidak mengetahui bakat kita sesungguhnya itu di bidang apa?. Apakah kita perlu mencoba semua hal?, Tidak perlu, cukup dengan menyimak penjelasan dibawah ini.

Berbicara tentang kemampuan yang ada pada diri kita masing-masing. Apakah kita harus mencadi sosok yang cerdas terlebih dahulu, agar mudah dalam menemukan kemampuan diri kita?. Tunggu, Cerdas yang seperti apa yang anda maksud?. Cerdas kebanyakan orang beranggapan kepada orang yang selalu mendapat nilai bagus di kelas, selalu juara di ajang Kompetisi?. Lantas Cerdas yang sesungguh nya itu seperti apa?. Baiklah simak penjelasan berikut ini.


Kecerdasan Linguistik

Apakah kamu seseorang yang pandai merangkai kata?, lancar berpidato?, bisa meyakinkan kepada orang lain tentang kata-kata yang kamu ucapkan?. Jika itu benar maka tipe kecerdasan yang kamu miliki adalah Kecerdasan Linguistik. Orang dengan Kecerdasan ini memiliki kelebihan: mampu meyakinkan orang lain, Pandai menghibur, Senang bermain dengan kata-kata, Menyukai membaca, menulis, berdiskusi, dan mampu mengutarakan keinginannya dengan cara yang tepat dan jelas. Orang yang memiliki kecerdasan ini sangat cocok bekerja pada bidang:
- Penjual
- Penulis
- Wartawan
- Pengacara

Kecerdasan Matematis/Logika

Kecerdasan Matematis adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dengan memikirkan cara yang logis atau masuk akal. Type orang yang memiliki kecerdasan ini adalah orang yang suka dengan angka dan logika, orang dengan kecerdasan ini mampu berfikir yang rasional dan mampu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi secara logis. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan ini adalah orang yang Senang bekerja dengan angka, Senang menyiapkan jadwal dengan terperinci, Senang bermain Puzzle, Suka memainkan permainan logika seperti catur. Orang dengan kecerdasan ini cocok bekerja pada 
- Ilmuan
- Programer
- Arsitek
- Semua pekerjaan yang membutuhkan Logika

Kecerdasan Spesial

Apakah kamu suka mengamati obyek-obyek disekitarmu dengan sangat cermat?. Apakah kamu bisa membuat design ide kreatifmu dalam bentuk gambar?. Apabila kamu memiliki kemampuan seperti yang aku tanya tadi, selamat kamu memiliki Kecerdasan Spesial. Kecerdasan Spesial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia fisual secara akurat atau cermat, mereka yang memiliki kecerdasan ini mampu mengamati obyek secara akurat. Ciri-ciri orang yang memiliki Kecerdasan Spesial ini adalah orang yang Menyukai Seni, Menikmati lukisan dan patung, Memiliki citarasa yang baik tentang warna. Pekerjaan yang cocok dengan Kecerdasan type ini adalah:
- Pilot
- Desainer
- Arsitek
- Pelukis
- Fotografer
- Ilustator
- Komikus


Nah itu tadi adalah Definisi Kecerdasan menurut Howard Gardner. Jadi, kamu masuk dalam kategori Kecerdasan yang mana nih?. Simak penjelasan melalui video berikut ini!



Kredit video by Catatan si Ridwan

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya