Fakta dibalik megahnya Taj Mahal di India


Kredit foto by detik.com

Hai good people, kali ini aku akan memberikan informasi mengenai Fakta dibalik kemegahan Taj Mahal. Siapa sih yang nggak kenal dengan Taj Mahal ini?. Yak, salah satu keajaiban dunia yang terakhir, adalah Taj Mahal ini, berada di India dan sampai sekarang ini masih berdiri kokoh. Bangunan dan relief yang menggambarkan betul bahwa ini adalah peninggalan dalam sejarah Islam di India. Oke tanpa perlu panjang lebar, Simak penjelasan berikut ini, mengenai Fakta dibalik kemegahan Taj Mahal di India ini.


Dibangun atas nama Cinta

Taj Mahal dibangun atas nama Cinta seseorang yang bernama, Raja Shah Jahan atau Sultan Jehan kepada Mumtaz Mahal istrinya ke - 3. Mereka bertunangan pada usia 15 tahun, sedangkan usia Mumtaz Mahal menginjak 14tahun, namun keduanya menikah 5 tahun kemudian. Hal ini dikarenakan pandangan keberuntungan seorang Astrolog, sambil menunggu 5 tahun, Raja Shah Jahan menikahi wanita lain. Dan pada saat menginjak 5 tahun, maka Raja Shah Jahan menikahi Mumtaz Mahal, dan menjadikannya Permaisuri utamanya, nikahan mereka menghasilkan 14 anak, Mumtaz meninggal pada usia 38 tahun. Raja sangat terpukul karena meninggalnya Mumtaz Mahal ini, apalagi Mumtaz meninggal pada saat melahirkan anak yang ke-14, Oleh karena itu Raja membangun Taj Mahal ini. Awalnya makam Mumtaz berada di tempat lain, namun setelah pembangunan Taj Mahal selesai, maka makam Mumtaz di pindahkan ke Taj Mahal. 

Memakan Waktu 22 Tahun

Taj Mahal tidak hanya dikenal dengan sejarahnya, tetapi juga karena bangunannya yang spektakuler. Bangunan dengan luas mencapai 42 Hektare itu dilengkapi dengan kubah besar setinggi 73m dan dikeliling i oleh 4 kubah yang lebih kecil disekitarnya. Sedangkan dibagian makam, dinding dilapisi dengan marmer putih dengan hiasan Kaligrafi arab, dan dihiasi pula dengan 28 jenis batu mulia. Dengan detail hiasan yang sulit dan bangunan yang super megah, maka tidak heran kalau bangunan ini di tuntaskan dalam waktu 22 Tahun.

Menggandeng puluhan ribu pekerja

Membangun Taj Mahal tidak hanya membutuhkan waktu yang lama, tetapi juga membutuhkan pekerja yang sangat banyak. Ini terbukti bahwa pembangunan Taj Mahal ini membutuhkan 20.000 lebih pekerja. Para pekerja tersebut tidak hanya berasal dari India saja, melainkan dari Persia, Kekaisaran Oman di Turkey, hingga orang-orang Eropa yang datang untuk membantu pembangunan Kubah utama Taj Mahal. Pembangunan Taj Mahal ini juga membutuhkan 1000 lebih Gajah untuk membawa batu bahan bangunan. 

Mitos

Bangunan yang sangat megah dan digadang-gadang paling Simetris tersebut, tentunya membutuhkan dana yang sangat banyak. Di sini disebutkan bahwa pembangunan Taj Mahal menghabiskan 32 jt Rupee. Dengan megahnya bangunan ini tentunya banyak sekali mitos-mitos yang menyebar , salah satunya yaitu, Kaisar Munggal memerintahkan untuk memotong ibu jari setiap pekerja yang terlibat dalam proyek pembangunan. Hal ini dikarenakan Kaisar Munggal tidak ingin Karyanya nanti di dibuat Replikanya dimasa mendatang. Mitos ini masih menimbulkan banyak kontroversial, karena banyak ahli sejarawan yang malah menceritakan sosok Kaisar Munggal ini bersifat berbanding terbalik dengan cerita di atas.


Nah itu tadi adalah Fakta di balik Megahnya Taj Mahal ini. Simak video penjelasan berikut ini agar kamu lebih memahami fakta-fakta mengenai bangunan ini.



Kredit video by Cutik

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya