Fakta Kripto yang belum di ketahui



Kredit foto by investor.id

 Hai good people, bagi kalian yang sudah sering melakukan investasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan mata uang Kripto ini. Informasi ini sudah ada sejak lama, tetapi baru baru ini Kripto ramai lagi. Hal ini dikarenakan Elon Musk CEO Tesla membuka pembayaran dengan mata uang Kripto. Maraknya investasi mata uang Kripto membuat para pemula tertarik dengan investasi jenis ini. Bagi anda yang masih pemula, simak penjelasan berikut ini menggenai fakta mata uang Kripto!. 


Pengertian mata uang Kripto

Sederhanya mata uang Kripto atau Cryptocurrency adalah mata uang digital yang transaksinya bisa dilakukan secara online. Kata Cryptocurrency adalah sebuah kosakata terapan dari kata dasar Cryptography atau Kriptografi yang artinya Bahasa Persandian. Kara Cryptocurrency sendiri merujuk pada kesepakatan dari para pengguna dan proses pengamanan yang diamankan dengan sandi sandi yang kuat. 

Jan Lanski, salah satu pegawai dari Department of computer science and mathematic university of finance and administration, mengatakan bahwa Cryptocrrency adalah sistem yang memenuhi 6 syarat yaitu:

- Sistem tidak memerlukan otoritas pusat, negaranya dikelola melalui konsesus terdistribusi

- Sistem menyimpan ikhtisar unit mata uang Kripto dan kepemilikannya

- Sistem menentukan apakah unit mata uang Kripto baru dapat dibuat, jika unit mata uang Kripto baru dapat dibuat

- Kepemilikan unit mata uang Kripto dapat dibuktikan secara eksklusif secara Kriptografis

- Sistem ini memungkinkan transaksi dilakukan dimana kepemiliki unit Kriptografi diubah

- Jika dua instruksi berbeda untuk mengubah kepemilikan unit Kriptografi yang sama dimasukkan secara bersamaan, sistem melakukan paling banyak salah satunya.

Macam-macam Mata Uang Kripto

Saat ini ada 16 macam mata uang Kripto yang beredar antara lain:

- BITCOIN

- ETHEREUM

- DOGECOIN

- EOS

- TRON

- RIPPLE

- LITECOIN

- STELLAR

- CARDANO

- BLACKCOIN

- DASH

- NAMECOIN

- NXT

- PEERCOIN

- PRIMECOIN

- VEN

Dari sekian banyak mata uang Kripto, Bitcoin merupakan mata uang yang paling banyak diminati. 

Legalitas

Beberapa tahun lalu di Indonesia, mata uang Kripto dianggap sebagai alat transaksi yang tidak sah. Tapi sejak 2019 lalu, mata uang Kripto mulai diakui keberadaannya secara legal di Indonesia, tetapi tetap tidak bisa menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia. Ada empat peraturan terkait perdagangan komoditas diital yang dikeluarkan oleh BAPPEBTI, di antaranya:

- Peraturan BAPPEBTI No. 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka

- Peraturan BAPPEBTI No. 3 Tahun 2019 tentang Komoditi yang dapat dijadikan subjek kontrak berjangka, Kontrak Derivatif syariah dan Kontrak Derivatif lainnya yang diperdagangkan di bursa berjangka

- Peraturan BAPPEBTI No. 4 tahun 2019 tentang Ketentuan teknis penyelenggaraan pasar fisik emas digital di bursa berjangka

- Peraturan BAPPEBTI No. 5 tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis penyelenggaraan Fisik Aset Kripto di Bursa berjangka


Nah itu tadi adalah informasi mengenai Kripto, apakah kamu tertarik untuk membeli mata uang ini?. Simak video berikut ini agar kamu mengetahui lebih dalam tentang mata uang Kripto.


Kredir video by Finansialku

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya