Fakta menarik tentang Hidroponik!


Kredit foto by tokopedia


Hai good people, Kembali lagi dengan aku yang selalu memberikan informasi-informasi yang bermanfaat untuk kamu. Kali ini aku akan memberikan informasi mengenai Hidroponik, aku akan membahas hal-hal yang menurut orang-orang bertentangan dengan hidroponik. Maksud dari bertentangan adalah metode atau pemanfaatan bahan-bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk Hidroponik.


Berbicara mengenai Hidroponik, apakah kalian sudah tau apa itu Hidroponik?. Hidroponik adalah metode pembudidayaan tanaman dengan media air yang mengalir. Jika kita berada di daerah yang tanahnya kurang subur atau gersang, metode Hidroponik sangat tepat untuk kita pilih sebagai metode budidaya tanaman menggantikan menanam menggunakan tanah.


Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan bahan-bahan di sekitar kita tetapi dilarang oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu aku akan mengungkapkan kebenaran dari apa yang orang-orang larang untuk pemanfaatan bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk Hidroponik. Simak penjelasan berikut!


Apakah Air hujan tidak bisa digunakan untuk air baku Hidroponik?

Air hujan sangat baik untuk Hidroponik, karena air hujan memiliki ppn yang rendah, selain itu air hujan juga memiliki Ph yang netral yaitu sekitar 5,5-6,5. Perlu anda ketahui jangan menggunakan air hujan yang turun pertama kali setelah musim kemarau panjang. Hal ini disebabkan oleh air hujan yang turun pertama kali setelah musim kemarau panjang akan membawa partikel-partikel udara yang tentunya akan membawa penyakit terhadap tumbuhan.

Apakah air sumur dan air PDAM baik untuk Hidroponik?

Faktanya air yang dibutuhkan untuk Hidroponik tidak dilihat dari jenis airnya, melainkan diihat dari kandungan air tersebut. Air PDAM mengandung banyak klorin yang dapat membunuh bakteri, sedangkan air sumur kurang mengandung klorin, sehingga mengandung banyak bakteri. Sebaiknya sebelum anda menggunakan air tersebut untuk bahan baku Hidroponik, anda harus melakukan pengecekan tds terhadap air yang akan anda gunakan.  

Apakah Hidroponik adalah metode bercocok tanam organik?

Hidroponik adalah metode bercocok tanam yang sama hal nya dengan bercocok tanam konvensional, hanya berbeda medianya saja, kalau konvensional menggunakan tanah, tetapi kalau Hidroponik menggunakan air. Dan selama bercocok tanam masih menggunakan unsur kimia, maka tidak bisa dikatakan organik, maksud dari unsur kimia adalah penggunakan pupuk-pupuk kimia.

Apakah Hidroponik menggunakan air saja?

Hidroponik adalah metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Media yang digunakan tidak hanya air bisa menggunakan sabut kelapa, Batu silica yang dipanaskan, Arang Sekam, dan Hidroton.


Nah apakah kamu terbantu setelah mengetahui fakta dari Hidroponik?. Mari simak Video penjelasan berikut ini!




Kredit video by Puriegarden official

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya