Hal - hal yang dinilai saat Interview kerja


Kredit foto by seputarduniakerja.com


Hai sobat, kali ini aku akan memberikan bocoran mengenai apasaj yang dinilai pada saat kita melaksanakan Interview kerja. Bagi sebagian orang Interview kerja adalah ajang untuk menunjukkan kualitas dari diri anda dihadapan HRD.


Lantas apa saja sih hal-hal yang dinilai oleh HRD saat Interview kerja?. Sebelum menginjak kesitu, untuk tips lolos Interview Online sebelumnya sudah saya bahas, untuk kali ini saya akan fokus dengan materi sesuai dengan judul. Baiklah simak penjelasan berikut ini!.


Pengalaman (keahlian kerja)
 
Perusahaan sangat senang kepada calon pelamar yang sudah memiliki Pengalaman kerja, karena orang yang sudah memiliki pengalaman kerja, akan mudah berbaur dengan pekerja lainnya. Saat ditanya Pengalaman kamu apa?, kamu harus menjawab dengan jawaban yang bisa membuat si HRD menjadi percaya akan ucapan mu, tetapi pengalaman yang kamu berikan harus sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

Wawasan terhadap bidang pekerjaan yang di lamar

Kita sebagai pelamar wajib mengetahui bidang dan type pekerjaan yang kita lamar, jangan sampai saat kamu di tanya mengenai bidang yang kamu lamar, kamu tidak tau sama sekali. Sebelum melakukan Interview kerja sebaiknya kamu pelajari secara betul tentang bidang pekerjaan yang kamu lamar. Jawaban yang memuaskan akan membuktikan bahwa kamu kompeten dibidang yang kamu pilih.

Motivasi dalam bekerja

Apa yang membuat kita tertarik gabung dengan perusahaan tersebut?. Uraikanlah jawaban dari pertanyaan tersebut jangan hanya menjawab sesuai teoritis, tetapi jawaban harus memberikan nilai lebih yang bisa bermanfaat untuk pengembangan perusahaan. Contoh jawaban dari pertanyaan diatas yaitu: Ikut mengembangkan perusahaan yang kita lamar.

Keyakinan dalam menjawab pertanyaan

Saat kita menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD, kita harus tidak boleh gugup dan tidak boleh memasang muka kebingungan, terutama tatapan mata kita. Tatap bagian wajah HRD saat kalian akan menjawab pertanyaan mereka, jika kamu tidak sanggup untuk menatap matanya, maka tatap bagian wajah yang lain. Jangan menjawab dengan nada yang terbata-bata, jika kamu terbata-bata pihak HRD akan mengira kamu tidak percaya diri dan yakin akan jawaban kamu.

Sikap dan Penampilan

Sikap yang kamu perlihatkan kepada HRD sangat mempengaruhi kelolosan kamu, walaupun kamu memiliki segudang pengalaman, tetapi kalau sikap dan penampilan kamu tidak sopan di mata HRD, kamu tidak akan lolos tahap berikutnya.

Pengetahuan mengenai perusahaan

Kamu harus tau profil perusahaan yang akan kamu lamar, saat Interview kamu bisa menyertakan informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar, dengan cara menghubung-hubungkan dengan pengalaman yang kamu miliki. Contohnya: Perusahaan bapak adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri rokok, tentunya bapak membutuhkan pekerja yang ulet, rajin, cepat, dan tanggap.

Rencanan di masa depan

Rencana kamu di masa depan akan di pertanyakan pada saat akhir Interview, hal ini akan memberikan gambaran mengenai kinerja kamu saat kamu di terima kerja. Jawab dengan jawaban yang tidak terlalu tinggi, jawablah dengan sederhana tetapi memiliki makna, terutama kamu menjawab tentang hari tua kamu yang ingin santai menikmati hasil kerja kamu selama bertahun-tahun atau di hari tua kamu, kamu ingin mendirikan perusahaan kecil yang bergerak di bidang yang kamu lamar. Jawaban kamu akan mencerminkan kamu orang yang seperti apa dimata HRD.


Itu tadi pertanyaan yang sering kali dilontarkan kepada pelamar oleh HRD pada saat Interview kerja. Untuk penjelasan selanjutnya cek Video berikut ini!.



Kredit video by Ariyan Masrur

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya