Informasi mengenai UT (Universitas Terbuka)


Kredit foto by campuspedia

Hai good people, udah tau belum Universitas Terbuka?, Universitas ini didiran untuk memudahkan para mahasiswanya melaksanakan kuliah tanpa meninggalkan pekerjaannya. UT memiliki banyak mata kuliah, kamu bisa memilih matakuliah yang kamu inginkan. Di UT juga bisa melanjutkan kuliah ketahap sarjana dengan prosedur dan persyaratan yang harus di penuhi.

Berikut adalah penjelasan mengenai UT dan penjelasan Sistem pembelajarannya. 


Tujuan Pendirian UT

1. Memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia, dimanapun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi.

2. Memberikan layanan pendidikan bagi mereka yang bekerja dan memiliki alasan lain, untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan tatap muka.

3. Mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi.


VISI & MISI 

VISI : adalah "Menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkualitas Dunia".

MISI :

1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menjadikan lulusan berdaya saing tinggi.

2. Mengeaji dan mengembangkan sistem PTTJJ untuk mendukung implementasi sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia.

3. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan, kelembagaan, dan PTJJ untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional. 


Sistem Pembelajaran UT

Menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).


Sistem Kredit Semester

Seperti halnya perguruan tinggi yang lain, menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa. Dalam sistem ini, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 sks. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.

Khusus untuk UT, satu sks disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak. Satu modul terdiri atas 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 sks berkisar antara 360-450 halaman, tergantung pada jenis mata kuliahnya. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca dan memahami rata-rata mahasiswa adalah 5-6 halaman per jam sehingga untuk membaca dan memahami bahan ajar dengan bobot 3 sks diperlukan waktu sekitar 75 jam (360-450 halaman dibagi 5-6 halaman). Apabila satu semester mempunyai waktu 16 minggu, maka waktu yang diperlukan untuk membaca dan memahami bahan ajar dengan bobot 3 sks adalah 75 jam dibagi 16 minggu, atau kurang lebih 5 jam per minggu. Misalnya, mahasiswa mengambil 15 sks/semester, maka yang bersangkutan harus mengalokasikan waktu belajar sebanyak 15 sks dibagi 3 sks kali 5 jam = 25 jam per minggu atau kira-kira 5 jam per hari (1 minggu dihitung 5 hari belajar).


Nah bagaimana apakah kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa UT?. Berikut ini aku sertakan Video tentang Jurusan yang ada di UT. Simak Video berikut!


Kredit video by KF Media

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya