Informasi tentang Angin Duduk


Kredit foto by mesimedical.com


Angin duduk dalam bahasa medis disebut Angina. Angina adalah penyakit yang sering sekali tejadi di Indonesia, dan tidak bisa dianggap remeh. Angina bisa merenggut nyawa seseorang, apabila tidak dilakukan penindakan serius sesuai anjuran Dokter. Sering kali kita mendengar istilah angin duduk ini, biasanya kita berasumsi bahwa angin duduk merupakan penyakit yang sama dengan masuk angin, tetapi fakta tidak. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Angina ini, simak penjelasan berikut ini.


Angin Duduk

Di dunia medis disebut dengan Angina, angina adalah nyeri pada dada yang dirasakan pada otot jantung. Hal ini dikarenakan kurangnya Supply oksigen terhadap otot-otot jantung tersebut, dikarenakan penyumbatan pada aliran darah. Oleh sebab itu jika kita sudah merasa tidak enak dan nyeri pada dada kita, lebih baik sudahi aktivitas anda dan konsultasikan keadaan anda kepada Dokter, jangan sampai sudah fatal baru anda berkonsultasi ke Dokter.

Angina termasuk Serangan Jantung?

Angina merupakan gejala serangan jantung, hal ini dikarenakan terjadinya penyumbatan pada aliran darah, yang disebabkan oleh penimbunan lemak, atau plak-plak yang terbentuk di pembulu darah yang mengakibatkan tersumbatnya aliran darah. Aliran darah yang seharusnya membawa oksigen secara lancar, itu menjadi macet atau terhalang oleh si plak-plak tersebut, di dunia medis disebut dengan aterosklerosis. 

Bedanya nyeri dada karena jantung dengan penyebab lainnya, seperti apa?

Nyeri dada karena jantung, itu khas banget. jadi nyeri dadanya itu seperti tertimpa beban berat, tertusuk, dan juga bisa menjalar kebagian tubuh lain seperti bahu, rahang, gigi, hingga punggung belakang. Pada saat nyeri berlangsung dan anda melakukan istirahat, maka nyeri tersebut akan hilang. Tetapi kalau sudah parah, saat anda istirahatkan tubuh anda, maka rasa nyeri tersebut semakin menjadi-jadi.

Apakah ketika menduga kita mengidap angin duduk dan harus ke Dokter?

Lebih baik diperiksakan ke Dokter, hal ini dikarenakan si Angina ini jika tidak ditangani dengan benar, maka bisa menjadi lebih buruk lagi. Jadi kita anda sudah merasakan nyeri pada dada, dan anda istirahatkan tidak kunjung membaik, maka segera periksakan ke Dokter atau Rumak Sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. 

Jika terserang Angina, apakah bisa di atasi?

Jika ditangani dengan benar maka bisa menolong dan menjaga keadaannya menjadi lebih baik. Tetapi kalau sudah parah dan tidak ditangani dengan step yang benar, itu bisa memperburuk masalah. Karena angin duduk ini bisa terjadi sangat cepat dan memang bisa menghilangkan nyawa seseorang. 

Bagaimana cara mencegah Angina ini?

Cara mencegah yang pertama adalah dengan menjaga pola hidup, hindari makanan junk food dan mengandung banyak sekali lemak. Hal ini dikarenakan jika anda sering mengonsumsi makanan tersebut maka anda akan terkena kolesterol yang dapat menimbulkan Plak-plak di pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyumbatan aliran oksigen. 

Nah itu tadi adalah informasi mengenai Angin duduk atau Angina. Simak video berikut ini agar kamu bisa mengetahui lebih dalam informasi seputar Angina ini.



Kredit video by Gue Sehat

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya