Informasi tentang Perguruan Tinggi Kedinasan !


Kredit foto by detik.com


Hai good people, Kali ini aku akan menginformasikan kepada kalian tentang macam-macam Sekolah tinggi Kedianasan di Indonesia. Dengan adanya sekolah tinggi Kedinasan yang di canamkan oleh pemerintah untuk lulusan Sekolah mengengah atas yang baru lulus. PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) menjadi pilihan yang banyak diminati oleh banyak lulusan SMA/SMK, Karena lulusan PTK langsung bisa bekerja menjadi aparatur negara dibawah naungan Kementerian atau Dapertemen negara.

Lantas ada PTK apa saja sih di negara ini?. Sebelum menginjak kesitu, PTK memberikan beasiswa untuk kebutuhan hidup selama masa pendidikan berlansung. Oleh karena fasilitas dan lulusan yang sudah memiliki tujuan yang jelas, karena itulah PTK sangat diminati oleh banyak siswa-siswi yang baru lulus maupun yang sudah terdaftar sebagai mahasiswa. Oke simak penjelasan berikut tentang macam-macam Perguruan Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia.


STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)

STPN berada di Yogyakarta, STPN ini adalah sekolah Tinggi pertanahan yang didirikan oleh badan Pertahanan Nasional Indonesia. Buat kalian yang ingin menjadi PNS di bidang pertahan, Sekolah ini sangat cocok untuk kamu. 

STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara ini berdiri dibawah naungan Badan Intelejen Negara. Jika kalian suka menjadi mata-mata seperti di film-film aksi, sekolah ini sangat cocok untuk kalian. Tentunya setelah kalian lulus dari sekolah ini, kalian akan bisa langsug bekerja dibawah naungan BIN, tentunya kalian akan menjadi pengintai. Kerenkan.

IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

IPDN berada di Jawa Barat, Sekolah ini berada dibawah nauangan Kementerian Dalam Negeri, yang dimana lulusan dari IPDN akan menjadi Pegawai Negeri Sipil dikantor Kemendagri atau lulusan IPDN akan menjadi Camat/ Lurah. Oleh sebab itu biasanya calon peserta sekolah ini dipilih dari perwakilan dari setiap daerah di Indonesia.

STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Sekolah TInggi Statistik ini berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik Indonesia. Lulusan STIS akan bekerja sebagai pegawai negeri sipil di bidang Statistik yang bertugas mengumpulkan data dan menganalisi data untuk kebutuhan pengambilan keputusan negara.

STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Sekolah ini berada di bawah naungan Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia. Buat kamu yang tertarik dengan ilmu persandian, cocok sekali untuk memilih Sekolah ini. STSN adalah salah satu sekolah yang membuka jurusan Sandi. Lulusan STSN akan bekerja di Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia. Sekolah ini berada di Bogor.

AAU (Akademi Angkatan Udara)

AAU adalah sekolah kedinasan yang memiliki tujuan melahirkan calon pemimpin TNI Angkatan Udara. Untuk kalian yang memiliki cita-cita menjadi Tentara yang bisa menerbangkan pesawat, AAU adalah pilihan yang tepat. Lulusan AAU akan menjadi Perwira dengan pangkat Letnan dua TNI AU.

STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Geofisika)

STMKG berada dibawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisik (BMKG). Lembaga yang memberikan informasi mengenai peramalan cuaca dan memantau pergerakan lempeng bumi. 

AKMIL (Akademi Militer)

Sekolah Tinggi Kedinasan Pendidikan Taruna Angkatan Darat, mencetak para perwira ahli strategi perang untuk menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. Buat kalian yang memiliki cita-cita menjadi tentara yang ahli perang AKMIL sangat cocok untuk anda. AKMIL berada dibawah naungan Kementerian Pertahanan yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

AKPOL (Akademi Kepolisian)

Jika kalian memiliki cita-cita menjadi Polisi, AKPOL adalah pilihan yang sangat bagus untuk menggapai cita-cita kamu. Sekolah ini berada dibawah naungan Institusi Kepolisian Republik Indonesia. AKPOL memiliki tugas melahirkan para perwira tingi Kepolisian yang hebat dan kompeten dalam melindungi masyarakat. AKPOL berada di Semarang Jawa Tengah.

PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)

Jika kalian ingin bekerja dibagian keuangan maka PKN STAN adalah pilihan yang terbaik. Sekolah ini berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. PKN STAN memiliki beberapa jurusan, antara lain: Akutansi, Perpajakan, Kepabean dan Cukai dan juga Manajemen Keuangan dan Aset.


Itu tadi adalah macam-macam Sekolah Kedinasan yang ada di negara kita, Bagaimana apakah kamu tertarik dengan sekolah kedinasan di atas?. Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini!.



Kredit video by Republika Mahasiswa

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya