Kenali Asuransi Jiwa

asuransi jiwa


Asuransi jiwa adalah salah satu layanan asuransi yang digunakan untuk perlindungan terhadap dampak kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga karena adanya kematian anggota keluarga (tertanggung) yang sebelumnya merupakan tulang punggung bagi keluarga tersebut.


Secara sederhana asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung seseorang atau keluarga terhadap kerugian finansial yang tidak terduga lantaran tertanggung meninggal dunia.


Ada jenis-jenis asuransi jiwa yang harus diketahui oleh masyarakat. Khusus di Indonesia, terdapat empat jenis asuransi jiwa yang bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan.


Di antaranya adalah asuransi jiwa berjangka (term life), asuransi jiwa seumur hidup (whole life), asuransi jiwa unit link, dan asuransi jiwa dwiguna.

 Empat jenis asuransi jiwa 


1. Asuransi jiwa berjangka (term life)

Produk asuransi jiwa berjangka merupakan bentuk dasar dari sebuah asuransi jiwa. Perlindungan yang diberikan bisa diatur sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan yakni mulai dari 5 hingga 30 tahun bagi ahli waris untuk mendapatkan uang pertanggungan saat nasabah telah meninggal dunia.

Asuransi jiwa berjangka yang bagus adalah yang menawarkan pertanggungan luas dengan premi kompetitif.

Selain uang pertanggungan, asuransi jiwa berjangka juga memiliki tambahan pertanggungan yang sangat bermanfaat, mulai dari  santunan cacat tetap, pembebasan premi, hingga pertanggungan kredit. Untuk mendapatkannya, kita perlu membeli asuransi tambahan (rider) dengan tambahan biaya premi.

2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)

Kebalikan dari berjangka, jenis asuransi jiwa seumur hidup menawarkan perlindungan maksimal sepanjang usia sang nasabah, dengan batas usia tertinggi hingga 100 tahun.


Umumnya, polis ini menjanjikan pengembalian premi pada masa akhir asuransi. Jadi, meskipun usia kita melewati 100 tahun, premi tidak akan hangus semua.


Menariknya, asuransi jiwa seumur hidup biasanya didampingkan dengan Dana Pensiun. Sehingga, nasabah bisa mempersiapkan masa tua dengan baik. 

Selain itu, ada pula asuransi jiwa unit link bagi nasabah yang sekaligus ingin berinvestasi.


Nantinya, premi yang dibayarkan ke perusahaan asuransi tidak semuanya dipakai untuk membayar biaya asuransi, tetapi diinvestasikan sebagian ke dalam beragam aset, seperti saham, deposito, atau obligasi. Tentu saja, ini merupakan investasi jangka panjang.

3. Asuransi jiwa dwiguna (endowment)

Fungsi asuransi jiwa dwiguna yakni memberikan manfaat ganda baik proteksi dan juga terdapat unsur tabungan. Produk asuransi jenis ini biasanya kamu temui pada asuransi pendidikan. Apa manfaat asuransi jiwa dwiguna? Tentunya perlindungan asuransi yang pasti selama tertanggung masih hidup sampai tanggal jatuh tempo atau meninggal sebelum tanggal jatuh tempo. 


Bedanya dengan asuransi jiwa seumur hidup, polis asuransi jiwa dwiguna bisa membentuk nilai tunai lebih cepat. Sebabnya, pada asuransi dwiguna nilai tunai biasanya akan sama dengan uang pertanggungan pada jatuh tempo polis sehingga tidak perlu menunggu sampai mencapai usia 99-100 tahun.


4. Asuransi jiwa unit link

Manfaat asuransi jiwa unit link hampir sama dengan asuransi jiwa seumur hidup. Bedanya, bila asuransi jiwa seumur hidup, pemegang polis hanya akan mendapatkan pengembalian uang pertanggungan dan peningkatan pertanggungan; sementara pada asuransi jiwa unit link, pemegang polis akan mendapatkan tambahan berupa hasil investasi. 


Melihat fungsi asuransi jiwa ini, tentunya memberikan manfaat ganda yakni sebagai proteksi jiwa dan tentunya menunjang investasi atau perencanaan keuangan.

Manfaat Asuransi Jiwa 

Asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi paling laris dan tidak kalah dengan manfaat asuransi kesehatan. Supaya tidak penasaran, berikut manfaat asuransi jiwa AIA, Prudential, dan lainnya yang patut kamu ketahui.

sebagai proteksi dari risiko meninggal dunia

Manfaat asuransi jiwa paling utama adalah dapat melindungi tertanggung dari berbagai bentuk risiko musibah yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya kepala keluarga meninggal dunia akibat kecelakaan atau sebab apapun yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian. 


Dengan memiliki asuransi yang juga disebut dengan asuransi kematian ini, perusahaan asuransi akan membayar sejumlah uang pertanggungan jika musibah terjadi sesuai dengan polis yang berlaku.


santunan untuk cacat total permanen atau cacat sebagian

Produk asuransi jiwa terbaik mampu memberi manfaat asuransi berupa perlindungan dari risiko cacat sebagian maupun cacat total permanen, selain proteksi dari risiko meninggal dunia. Penanggung atau pihak asuransi jiwa akan membayarkan manfaat asuransi (sebesar 100% uang pertanggungan atau sesuai polis yang disepakati) dan selanjutnya asuransi akan berakhir apabila tertanggung mengalami cacat tetap total akibat kecelakaan. Umumnya, jumlah pertanggungan akan diberikan dengan sistem pembayaran sekaligus.


Membantu mengelola keuangan dengan baik

Asuransi jiwa merupakan salah satu komponen penting dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga yang sehat. Dengan memilikinya, manfaat asuransi jiwa bekerja sebagai pelindung kondisi finansial yang menjadi lebih stabil meski terjadi risiko-risiko tidak terduga di masa depan. 


Selain itu, secara tidak langsung, kamu akan dipaksa berkomitmen untuk menyisakan sedikit nominal dari penghasilan agar dapat membayar asuransi jiwa secara disiplin. Oleh karenanya, kamu akan menjadi lebih hemat dan bijaksana dalam mengelola pemasukan dan pengeluaranmu.


Mengelola uang secara tepat

Manfaat asuransi jiwa lainnya adalah membantu kamu mengalokasikan dana untuk masa depan. Bila gaya hidup cenderung boros, asuransi jiwa bisa membantu kamu menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar premi asuransi secara berkala. Tentunya ini lebih berguna karena kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi untuk mencegah berbagai kerugian finansial di kemudian hari.


Manfaat tambahan berupa investasi

Khusus untuk produk asuransi jiwa unit link, kamu tidak hanya membayar premi untuk asuransi saja, tapi juga sekaligus mendapatkan manfaat asuransi jiwa berupa investasi. Dengan demikian, uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris akan ditambahkan dengan hasil investasi yang kamu lakukan. 


Namun, manfaat investasi hanyalah sebuah opsi. Jika kamu lebih menginginkan manfaat perlindungan yang berfokus pada manfaat utama yang menyeluruh, asuransi jiwa murni akan lebih cocok untuk kamu.


Cara paling murah dan mudah memiliki uang cash

Seperti diketahui, asuransi jiwa mampu memberikan manfaat finansial dalam jumlah besar pagi tertanggung bila mengalami cacat atau meninggal. Misalnya kamu berlangganan asuransi jiwa yang menyediakan uang pertanggungan sebesar 1 Milyar Rupiah. Bayangkan, berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk mengumpulkan dana sebesar itu? 


Dengan memiliki polis asuransi jiwa dan menyetor premi dalam jumlah yang kecil, kamu akan lebih tenang bila suatu waktu terjadi risiko dengan tertanggung. Perusahaan asuransi akan memberikan uang cash dalam jumlah besar. Tentunya ini menjadi tujuan banyak orang berlangganan asuransi jiwa.


Melunasi utang yang belum terbayar

Jika kamu mengajukan utang dalam jumlah besar, seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kamu wajib memiliki asuransi jiwa kredit. Produk itu bakal menjamin pelunasan utang kalau amit-amit terjadi musibah saat kredit belum lunas. Selain menguntungkan pihak peminjam, produk ini juga menghindari beban utang keluarga.


Persiapan pensiun

Manfaat asuransi jiwa asuransi unit link dan dwiguna mampu membantu pemegang polis untuk mengakumulasi dana persiapan pensiun. Kamu juga bisa memanfaatkan produk itu untuk menabung, selain juga dapat perlindungan jiwa. Di sinilah jelas bahwa pentingnya asuransi jiwa untuk kamu miliki bisa memberikan dampak besar di masa depan, terutama di usia pensiun atau masa tua.


Mengganti penghasilan yang hilang

Asuransi jiwa bisa digunakan untuk mengganti penghasilan yang hilang. Pemegang polis bisa berjaga-jaga bila dirinya mengalami musibah seperti meninggal dunia atau cacat. Jadi keluarga kamu bisa mendapatkan penghasilan sementara.


Menumbuhkan aset

Manfaat asuransi jiwa berjenis unit link bisa berfungsi untuk menumbuhkan aset kekayaan nasabahnya. Sebabnya, unit link punya fitur investasi dan pencairan dana bila tidak ada klaim sampai masa asuransi habis. Tapi pertimbangkan pula risiko dan fungsi asuransi jiwa unit link sebelum membelinya.






Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya