Kenali Jenis Makanan Yang Mengganggu Kesehatan

makanan sehat


Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, konsumsi makanan sehat saja tidak cukup. Anda juga harus membatasi atau menghindari asupan yang tidak sehat seperti berikut ini:


Makanan cepat saji

Hindari pula makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan daging olahan. Makanan jenis ini tidak hanya mengandung kalori yang tinggi, tapi juga rendah nutrisi. Selain itu, makanan cepat saji juga dapat mendorong keinginan makan secara berlebih, sehingga bisa memicu kenaikan berat badan.


Minuman tinggi gula

Minuman dengan kadar gula yang tinggi, seperti minuman bersoda, jus dalam kemasan, dan minuman berenergi sebaiknya dihindari atau dibatasi. Jika sering dikonsumsi dalam jumlah besar, jenis minuman ini dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.


Makanan ringan kemasan

Sama seperti makanan cepat saji, kebanyakan makanan ringan kemasan yang dijual di pasaran, seperti permen, es krim, dan biskuit, juga tinggi kalori dan rendah nutrisi sehingga perlu dibatasi. Jadi, konsumsi sesekali saja, ya!


Di samping mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus memperbanyak konsumsi air putih. Sediakan air mineral dari sumber terlindungi sebagai air minum Anda sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan cairan sekaligus mineral.


Selain itu, usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan beristirahat yang cukup dan rutin berolahraga. Jika perlu, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan saran mengenai makanan sehat dan pola hidup yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya