Kesalahan saat Berlari


Kredit foto by sunlife

Lari adalah olahraga yang  baik untuk tubuh, dengan lari anda akan meningkatkan pernafasan anda, dan meningkatkan kekuatan tubuh anda. Lari sering disepelehkan oleh banyak orang, tetapi faktanya lari merupakan olahraga yang sangat penting, kita bisa lihat dari cabor lain, contohnya renang, saat melakukan pemanasan saya yakin pasti disuruh lari terlebih dahulu. Mengapa demikian?.

Jika kamu senagn berlari tetapi tidak menimbulkan efek apa apa pada dirimu, bisa saja cara berlari kamu salah. Ini penting untuk menjaga kestabilan tubuh anda saat melakukan aktivitas berlari. Dengan anda mengetahui kesalahan saat berlari, mungkin anda akan merubah cara berlari anda. Baiklah simak penjelasan berikut ini Kesalahan saat berlari.


Kecepatan bukan segalanya

Para pelari awam, biasanya saat memulai lari, mereka sudah berlari sekencang-kencangnya. Kalau daya tahan kamu sedang baik, maka kecepatan kamu berlari akan baik juga. Hal ini diungkapkan oleh pelatih lari "Endurance First, Speed Follows" yang artinya, ketahanan tubuh itu yang utama, kecepatan mengikuti. Jika kamu ingin meningkatkan Endurance kamu, maka kamu harus berlari dengan rutin seperti seminggu 4x dengan berlari 30 menit. Seiring kamu melakukan lari dengan rutin maka kamu akan berkembang daya tahan tubuh kamu, yang awalnya berlari hanya 30 menit, maka setelah berlari rutin selama seminggu lebih, kamu akan bisa berlari di atas 30 menit.

Gunakan Apparel yang tepat

Gunakan pakain yang tepat saat berlari, saat anda berlari tentunya suhu tubuh anda akan meningkat drastis. Dengan meningkatnya suhu tubuh anda, anda harus menggunakan pakaian yang bisa mensirkulasi suhu tubuh anda. Jika suhu tubuh anda tetap tinggi tanpa ada sirkulasi tentunya daya tahan tubuh anda akan melemah. Pilihlah pakaian yang nyaman, mudah melepas panas, pilihlah sepatu khusus untuk lari, karena pemilihan sepatu yang tidak tepat bisa mengakibatkan anda cidera.

Jangan terlalu berambisi

Jika kita berlari kita harus Relax, Hal ini dikarenakan jika tubuh kita tidak relax saat berlari maka daya tahan tubuh kita akan meningkat. Seluruh tubuh harus Relax seperti tangan, pundak, kaki, pinggul, dan wajah. Kalau kita tegang saat berlari maka tubuh kita akan cepat lelah. 

Berlari setiap hari

Jika kita berlari, tubuh kita akan memproduksi hormon yang bisa membuat kita jadi senang, nyaman, fresh. Oleh sebab itu jika kita berlari setiap hari tanpa ada istirahat, maka hormon tersebut tidak akan berfungsi dengan baik. Lari lah dengan rutin 3-4 x dalam seminggu dengan pengaturan waktu yang tidak terlalu membuat anda memaksakan diri.

Makan Sembarangan

Setelah kita berolah raga ada namanya Golden Window yaitu, 30-60 menit setelah berlari itu adalah waktu dimana tubuh kita rakus-rakus nya menyerap segala nutrisi yang masuk ke tubuh kita. Oleh sebab itu kita tidak boleh makan makanan sembarang yang tidak baik untuk tubuh kita.


Itu tadi adalah kesalahan-kesalahan yang terjadi saat kita melakukan aktivitas Lari. Video berikut ini adalah arahan saat lari dari pelatih Atlit lari. 



Kredit video by L-Men Official

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya