Kupas tuntas Jurusan Agroteknologi


Kredit foto by IDNtimes

Hai good people, kembali lagi dengan aku, kali ini aku akan memberikan informasi mengani jurusan Agroteknologi. Jurusan dengan nama depan Agro / Agri adalah jurusan yang bergerak disektor pertanian dan peternakan.  Untuk kali ini aku akan fokus dalam jurusan Agroteknologi, sebagian dari kalian pasti sudah tau apa itu Agroteknologi. Secara singkatnya adalah jurusan yang bergerak dibidang teknologi pertanian. Tetapi untuk lebih spesifikasinya, mari simak penjelasan berikut ini!. 


Agroteknologi 

Agroteknologi adalah jurusan yang mempelajari tentang Penerapan Teknologi dalam bidang budidaya tanaman sesuai dengan prinsip jangka panjang. Untuk kamu yang ingin masuk jurusan ini, kamu akan diberikan materi tentang bagaimana merencanakan, dan merancang sistem produksi tanaman secara efektif dan produktif.

Mata Kuliah

Jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang sistem penanaman dan pemanenan saja, tetapi mencakup Genetika, Fisiologi, Perbenihan, Produksi Tanaman, Evaluasi lahan, Mikrobiologi, Pemupukan, dan Kesuburan & Nutrisi Tanaman. Sedangkan mata kuliah yang dipelajari di jurusan Agroteknologi adalah:
- Pengantar Ilmu Pertanian - Dasar Ilmu Tanaman
- Pemasaran Agribisnis - Kesuburan Tanah & Nutrisi Tanaman
- Teknologi Pembenihan - Teknologi Produksi Tanaman
- Rekayasa Tanaman - Teknologi Perlindungan Tanaman
- Bioteknologi Pertanian -  Pengendalian Hama & Penyakit terpadu
- Industri Perbenihan - Teknologi Pasca Panen
- Sistem Pertanian Berkelanjutan - Dasar Ilmu Tanah 
- Pengantar Ilmu Ekonomi - Biokimia
- Mekanisasi Pertanian - Agroklimat
- Komunikasi Pertanian - Genetika

Prospek Kerja

Mengingkat Indonesia adalah negara Agraris dengan hasil pertanian yang begitu melimpah, oleh sebab itu prospek dibidang ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Pada dasarnya di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang bagaimana suatu komoditas, mulai dari bibit hingga menjadi sebuah produk. Lulusan dari jurusan Agroteknologi ini nantinya akan bekerja sebagai:
- Konsultan Pertanian - Pebisnis di bidang Pertanian
- Surveor - Peneliti Tanah & Tumbuhan
- Pengajar -  Ahli Teknik Pertanian
- Manajer Pertanian & Peternakan
- Manajer Pembibitan & Rumah Kaca
- Ahli Konservasi Tanah & Air


Nah itu tadi adalah ulasan mengenai jurusan Agroteknologi, apakah kamu berminat masuk jurusan ini?. Simak video berikut ini agar kamu lebih paham dan mengenal jurusan Agroteknologi ini!. 



Kredi video by Edulab Indonesia

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya