Lakukan Hal ini Agar Bisa Berpikir Kritis!

cara berpikir kritis


Pengertian berpikir kritis, dikutip dari laman Monash University, adalah kemampuan berpikir dimana kita tidak serta merta menerima informasi.  Berpikir secara kritis akan menuntun Anda untuk menanyakan kebenaran informasi. Kemudian menganalisa dan mengevaluasi apa yang Anda terima. Dari analisis tersebut Anda bisa mengambil keputusan secara logis dan benar. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa berpikir kritis ;


Mencari alasan yang logis

Suatu masalah pasti ada sebab dan akibatnya. Dalam berpikir kritis, Anda harus mencari sebab dan alasan yang logis.  Jangan hanya berdasarkan "katanya" kemudian Anda menentukan sebuah keputusan. Berusahalah untuk selalu mencari alasan yang logis dari suatu masalah. Alasan yang logis bisa membantu Anda mendapatkan pilihan yang logis juga. Dengan demikian keputusan Anda lebih terpercaya dan akurat. 


Mendengarkan secara aktif

Maksud dari poin ini adalah benar-benar mendengarkan ketika orang lain sedang berbicara atau menyampaikan sebuah ide. Dilansir dari Indeed, mendengarkan secara aktif ketika orang lain sedang berbicara dapat membuat kamu lebih mudah memahami perspektif mereka.


Dengan benar-benar mendengarkan, kamu juga bisa memberi respon yang sesuai dengan situasi dan topik yang sedang dibahas. Hal ini dapat membantumu meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis dan juga menciptakan atmosfer perbincangan yang produktif bagi semua pihak.


Mengevaluasi fakta yang ada

Cara yang ketiga adalah mengevaluasi. Segala informasi yang Anda dapat harus selalu ditelaah faktanya.  Evaluasi segala fakta, berkaitan dengan informasi yang Anda dapat. Pastikan fakta-fakta tersebut bisa dipertanggung jawabkan. 


Banyak bertanya

Rasa ingin tahu merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini bisa dipraktikkan melalui dua cara, yaitu bertanya kepada diri sendiri dan juga orang lain.


Coba berlatih menggunakan prinsip 5W1H (what, why, where, when, who, dan how) ketika dihadapkan dengan informasi baru atau suatu permasalahan. Pertama-tama, kamu bisa mencari tahu sendiri jawaban atas enam pertanyaan mendasar tersebut. Jika jawaban yang didapatkan kurang memuaskan, baru kamu bisa bertanya ke rekan kerja dan atasan.





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya