Laptop Atau Komputer ?


laptop dan komputer


Laptop atau yang sering disebut dengan komputer jinjing (bisa dibawa kemana-kemana) merupakan perkembangan komputer desktop atau PC. Peminat laptop ini semakin hari semakin banyak karena fungsinya yang lebih fleksibel dan banyak. Selain itu juga karena desainnya yang bervariatif. Namun jika berbicara performa dengan spesifikasi yang sama maka komputer lebih baik. Namun tidak bisa dibawa kemana-mana. Daripada bingung mana yang harus dibeli mending simak dulu ulasan berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh laptop. Untuk lebih jelasnya lihat ulasan berikut.

a. Praktis

Laptop tidak seribet penggunaan laptop. Laptop sangat mudah untuk digunakan karena hanya dengan menekan tombol power.

b. Hemat Daya Listrik

Daya penggunaan laptop jauh lebih hemat daripada komputer. Wajar saja karena komputer memiliki perangkat terpisah dan membutuhkan daya yang besar.

c. Portable

Laptop menang karena portabilitasnya dilengkapi dengan desain yang cukup dan mudah untuk dibawa kemanapun anda pergi. Inilah alasan paling dasar mengapa orang lebih memilih laptop dibandingkan komputer desktop.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, tetap saja laptop memiliki kekurangan. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut.

d. Keyboard Tidak Selengkap PC Dekstop

Keyboard laptop tidaklah selengkap PC. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan ruang.

e. Harga yang Mahal

Jika ingin memiliki laptop dengan spesifikasi yang tinggi harus merogoh kocek lebih dalam

f. Tidak bisa Sembarang Upgrade Laptop

Tidak semua komponen pada laptop bisa diganti begitu saja. Ada komponen yang tidak bisa diganti. Untuk lebih jelasnnya kamu bisa membawa ke service center atau toko komputer.

Kelebihan dan Kekurangan PC Desktop


Sebelumnya telah dibahas kelebihan dan kekurangan laptop. Nah selanjutnya akan diulas mengenai kelebihan dan kekurangan PC Dekstop. Adapun kelebihan dari laptop adalah sebagai berikut.

a. Prosesor Lebih Tahan

Prosesor pada komputer lebih besar dari laptop. Sehingga memiliki daya tahan dan performa yang lebih bagus. Walaupun dengan spesifikasi prosesor yang sama.

b. Harga Cenderung Lebih Murah

Untuk kisaran harga sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan laptop. Tapi jika kamu memiliki budget yang minim maka sudah bisa mendapatkan komputer dengan spesifikasi menengah.

c. Kemudahan dalam Mengupgrade Komponen Komputer

Tidak seperti halnya dengan laptop yang cukup susah untuk diupgrade. PC desktop lebih untuk melakukan hal tersebut. Selain itu juga lebih mudah dalam pembongkaran pencarian komponennya.

Berbicara tentang kelebihan maka tidak luput dari yang namanya kekurangan. Adapun kekurangan dari PC desktop adalah

d. Kurang praktis

Hal ini dilihat dari komponen yang tidak tehubung. Karena makna praktis itu sendiri adalah tidak harus menghubungkan dengan banyak komponen sebelum digunakan.

e. Daya Listrik lebih besar

Tidak seperti halnya laptop yang lebih menghemat daya listrik, komputer banyak menghabiskan daya listrik. Terutama PC yang dirakit.

f. Tidak portable

Hal ini berarti komputer tidak mudah untuk dibawa kemana-mana seperti halnya laptop. Dikarenakan komponen yang tidak terpasang dalam satu bentuk dan ukuran yang cukup besar.

Kebutuhan

Kalau kamu menganggap laptop selalu lebih baik dibandingkan dengan PC desktop, kamu salah besar. Kamu seorang gamer sejati, kamu videografer yang butuh komputer untuk editing video, atau kamu seorang desain grafis, jelas PC rakitan jauh lebih powerful dibandingkan laptop. Pasalnya, untuk mendapatkan laptop gaming atau laptop dengan spesifikasi tinggi harganya cenderung sangat mahal. Tapi sekali lagi, tergantung dari kebutuhan dan mobilitas kamu.

Nah kalau kamu bukan gamer berat, butuh komputer pun kebanyakan untuk pekerjaan yang mengandalkan Microsoft Office, browsing, edit foto Photoshop, dan mobilitasnya sangat tinggi harus kerja dimana saja kapan saja. Jelas laptop adalah pilihan yang sangat tepat buat kamu





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya