Manfaat Berpikir Kritis

manfaat berpikir kritis


Sebelum mencoba berpikir kritis, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa manfaat dari berpikir kritis. Sehingga dalam praktiknya kamu akan lebih bersemangat untuk mencapai tujuanmu. Berikut ini adalah manfaat dari berpikir kritis yang pastinya akan kamu rasakan:


Mampu berkomunikasi lebih baik

Secara tidak langsung, berpikir kritis bisa meningkatkan kemampuanmu berkomunikasi. Berpikir kritis dapat membuat kamu mengkomunikasikan ide-ide yang terlintas dalam kepala secara sistematis dan lebih informatif sehingga mudah dipahami orang lain. 


Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Manfaat berpikir kritis akan membentuk pemikir kritis membuat pilihan terbaik. Berpikir kritis membantu kita menghadapi masalah sehari-hari saat masalah itu menghampiri kita, dan seringkali proses berpikir ini bahkan dilakukan secara tidak sadar. Ini membantu kita berpikir secara mandiri dan mempercayai firasat kita.


Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia!

Meskipun hal ini sering kali luput dari perhatian, berhubungan dengan diri Anda sendiri dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang mengapa Anda berpikir dengan cara yang Anda pikirkan benar-benar dapat membuat Anda lebih bahagia. 


Manfaat berpikir kritis dapat membantu Anda lebih memahami diri sendiri, dan pada gilirannya, membantu Anda menghindari segala jenis keyakinan negatif atau yang membatasi, dan lebih fokus pada kekuatan Anda. Mampu berbagi pemikiran dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.


Kunci Sukses Karir

Manfaat berpikir kritis yang pertama adalah sukses berkarir. Berpikir kritis sangat penting untuk banyak jalur karier. Tidak hanya untuk ilmuwan, tetapi pengacara, dokter, reporter, insinyur, akuntan, dan analis (di antara banyak lainnya) semuanya harus menggunakan pemikiran kritis dalam posisi mereka.


Faktanya, menurut Forum Ekonomi Dunia, berpikir kritis adalah salah satu keterampilan yang paling diinginkan untuk dimiliki di dunia kerja, karena membantu menganalisis informasi, berpikir di luar kotak, memecahkan masalah dengan solusi inovatif, dan merencanakan secara sistematis.


Tidak mudah dimanfaatkan oleh orang lain

Kasus tentang merasuknya aliran agama yang berseberangan dengan ajaran-ajaran agama, seperti terorisme kian marak terjadi. Salah satu objek yang seringkali menjadi korban adalah mahasiswa. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika kamu terus mengasah soft skill berpikir kritis. 





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya