Manfaat Senam Jantung


Penyakit jantung masuk dalam daftar penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia. Mulai dari serangan jantung, penyakit jantung koroner, gagal jantung hingga henti jantung. Semua penyakit tersebut sangat erat kaitannya dengan penerapan gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah malas bergerak.
Di antara banyak pilihan olahraga, senam jantung sehat merupakan pilihan olahraga yang paling populer di masyarakat. Senam ini disusun dengan beragam gerakan yang memberikan manfaat pada jantung. Mulai dari memperkuat otot jantung, mencegah kerusakan pada pembuluh arteri akibat kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga berat badan tetap terkendali. Berikut beberapa manfaat senam jantung :

    Memperbaiki denyut nadi

Manfaat senam jantung sehat yang pertama adalah memperbaiki denyut nadi. Denyut nadi merupakan salah satu komponen yang amat penting untuk menunjukan kesehatan jantung. Dengan melakukan senam jantung bertujuan untuk memperbaiki denyut nadi ini sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

    Melancarkan aliran darah

Berkurangnya kemampuan fisik, melancarkan aliran darah sangat penting demi menjaga kesehatan jantung karena dapat mencegah penyakit jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya. Dengan lancarnya aliran darah, juga dapat membantu penyumbatan pembuluh darah karena timbunan lemak dan kolesterol yang tentu saja harus di atur dengan memperhatikan pola makan.

    Memperbaiki metabolisme Tubuh

Dengan memiliki kondisi tubuh yang bugar, metabolisme tubuh juga akan membaik. Untuk seseorang yang ingin mencegah serangan jantung sejak dini, sebaiknya dapat melakukan olahraga ini secara rutin dan teratur. Akan tetapi perlu juga untuk tetap menjaga dan memperhatikan kondisi fisik masing-masing yang sudah pasti berbeda dan bisa menyesuaikan berdasarkan kemampuannya.

Agar memberikan manfaat, Anda perlu melakukan olahraga ini secara rutin. Terapkan juga setiap langkah-langkahnya dengan benar. Akan tetapi, jika Anda memiliki masalah kesehatan, seperti kelainan tulang belakang, konsultasi lebih dahulu pada dokter, gerakan mana yang aman dilakukan dan perlu dihindari.

Perlu diingatkan kembali, walaupun dilakukan secara rutin, Anda tidak harus menjalankannya setiap hari. Cukup lakukan setidaknya 1 hingga 3 kali seminggu. Anda bisa kombinasikan olahraga ini dengan olahraga lain yang juga menyehatkan jantung, seperti berenang, bersepeda, atau lompat tali.

Berikut video manfaat senam jantung


Kredit : BodyFit By Bagus


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya