Mengatasi sifat Malas



Kredir foto by Madcom.id

Hai good people, sering kali kita merasa bosan dengan kegiatan kita yang itu itu saja setiap harinya. Kita juga sering menyepelehkan hal-hal kecil yang kita anggap hal tersebut tidak ada gunanya. Kita juga sering menunda-nunda pekerjaan kita, hanya karena kita sedang asik menikmati waktu santai kita. Nah dengan adanya Informasi ini, diharapkan kamu yang biasanya malas, akan menjadi sesorang yang rajin dan mulai meninggalkan sifat malas kamu.

Berbicara tentang malas, pastinya semua orang pernah memiliki sifat ini, pekerjaan yang rumit, yang membutuhkan proses panjang, sering kali membuat kita untuk menunda-nunda pekerjaan tersebut. Jika kamu bisa melaksanakan prinsip di bawah ini dengan benar, kamu tidak akan lagi menunda-nunda pekerjaan kamu. Simak penjelasan berikut ini!


Rasa Malas

Rasa malas muncul dalam diri semua orang secara tidak sengaja atau di sengaja. Dengan adanya rasa malas, akan menambah rasa was-was kita terhadap pekerjaan yang semakin lama semakin menumpuk. Kalau sudah menumpuk, untuk menyelesaikan 1 pekerjaan, rasa malas akan timbul dengan alasan, pekerjaan yang terlalu banyak. Hal menunda-nunda inilah yang dapat memperkuat sifat malas dari seseorang.

Tips orang Jepang

Orang-orang di Jepang sangat taat dan sedikit saja yang malas. Hal ini dikarenakan mereka menerapkan prinsip "Mengulang berbagai macam rutinitas kecil yang positif setiap harinya", dan rutinitas ini akhirnya membudaya dan mereka pakai terus disetiap harinya. Prinsip ini dikenal dengan nama Prinsip Kaizen, menurut bahasa Kaizen dibagi menjadi 2 kata yang memiliki arti, Kai = Berubah, dan Zen = Kebijaksanaan, sehingga kalau digabungankan akan menjadi satu makna yaitu "Perubahan dalam hidup bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan". 

Prinsip 1 Menit

Prinsip Kaizen juga dikenal dengan sebutan lain prinsip 1 Menit. Prinsip 1 menit ini memiliki makna yaitu "Melatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam satu menit setiap harinya diwaktu yang sama". Contohnya begini, jika kalian ingin belajar push up, lakukanlah push up setiap pagi diwaktu yang sama selama 1 menit, maka secara tidak langsung seiring berjalannya waktu anda akan handal dalam push up tersebut. Nah, jika anda sudah bisa melakukannya setiap hari, maka seiring bertambahnya waktu, anda harus menambah porsi latian. Tidak hanya untuk berlatih push up saja, anda juga bisa melakukan kegiatan positif lainnya, seperti membaca buku setiap pagi, belajar materi yang akan diujikan. Nah jika kamu sudah merasa ada manfaat dari prinsip ini, kamu akan merasa ketagihan untuk selalu mengulang kembali rutinitas yang kamu buat sendiri.

Penyebab Malas

Usaha yang terlalu keras dan tidak rutin, akan menghabiskan tenaga dan bikin jadi lebih capek, akhirnya kamu akan merasa malas, bosan. Hal ini dikarenakan kamu tidak mengerjakan sesuatu secara rutin, jika kamu melakukan hal-hal kecil tetapi rutin, maka kamu akan merasa beban yang kamu hadapi akan sedikit demi sedikit akan mulai hilang. Tetapi kalau kamu tidak melakukannya dengan rutin, dan hanya mengandalkan 1 hari untuk mengerjakan semuanya, maka kamu akan merasa berat menyelesaikannya dan akan timbul rasa Malas.

Menurut Tokoh Prikolog

Hermann Ebbinghaus adalah tokoh Psikolog asal Jerman yang mengemukakan bahwa "Memori dan kemampuan mengingat seseorang akan menurun drastis kalau cuma dapet indormasinnya saja, dan kalo tidak pernah di review atau diulangi lagi informasinya, maka informasi tersebut akan hilang". Dengan ini Hermann juga memberikan solusi, untuk kembali mengingat informasi tersebut, maka seseorang harus kembali memperlajarinya lagi. Dan hasilnya orang tersebut tidak akan hanya mengingat kembali, tetapi akan lebih mengerti dan informasi tersebut akan ada diotak secara permanen.


Itu tadi adalah prinsip mengatasi rasa malas. video berikut ini memberikan penjelasan mengenai Rasa Malas. Simak agar kamu mendapatkan lebih banyak ilmu.



Kredit video by Satu Persen

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya