Mengenal Investasi Reksa Dana

Kredit foto by bisnis.com


Hai sobat milenial, kali ini aku akan memberikan informasi mengenai apa itu Reksadana!. Di zaman yang serba maju sekarang ini, peran sosial media menjadi kebutuhan penting begi banyak orang. Mereka setiap hari akan menggunakan media sosial untuk kebutuhannya masing-masing. Akhir-akhir ini, pembicaraan di sosial media yang lagi ramai adalah Pembicaraan mengenai Investasi Reksadana. Para anak muda banyak yang tertarik menjajal bisnis Reksadana. Lantas apa sih Reksadana itu?. Mari simak penjelasan Berikut ini mengenai Reksadana.


Pengertian 

Reksadana adalah Produk keuangan dimana kamu dan banyak orang lainnya (Investor) mengumpulkan dana menjadi satu untuk Pihak lain yaitu Manager Investor yang kemudian dana kalian yang terkumpul akan di Investasikan ke berbagai instrumen keuangan lainnya seperti Saham, Obligasi, dan Pasar Uang.

Jenis Reksa Dana

Reksa Dana Pasar Uang

    Kalau kita memilih Reksa Dana Pasar Uang makan uang kita akan di Investasikan ke Deposito dan        Sertifikat Bank Indonesia.

- Reksa Dana Pendapatan Tetap

    Kalau kita memilih Reksa Dana Pendapatan Tetap, maka uang kita akan di Investasikan ke Obligasi        atau Surat Utang.

- Reksa Dana Saham
    
    Reksa Dana Saham akan menginvestasikan dengan 80% ke atas  untuk dibelikan saham.

- Reksa Dana Campuran

    Sesuai namanya Uang kita akan di Investasikan ke Pasar Uang, Obligasi, dan Saham.

Keuntungan Reksa Dana

- Manager Investasi

Adanya Manager Investasi akan sangat membatu kalian yang orang awam untuk melakukan Investasi, Jai kita hanya menitipkan uang ke mereka, dan mereka akan memikirkan untuk mengembangkan uang kita.

- Reksa Dana bisa di beli ecer

Maksudnya Reksa Dana bisa dibeli dengan nominal kecil, hal ini sangat menguntungkan. Kita beri contoh, Misalnya kita akan menginvestasikan uang kita ke Deposito tanpa lewat Reksa Dana, sesuai aturan yang ada jika kita menginginkan bunga yang tinggi maka kita harus Deposit minimal 1 M. Untuk bisa masuk ke Obligasi kita harus beli dalam kelipatan 5jt atau bahkan 50jt hanya untuk masuk ke Investasi Obligasi. Lalu untuk Saham, kita minimal harus membeli 1Lot atau 100 Lembar dan harga nya tergantung dengan Saham tersebut, bisa saja 1 lembarnya dibuka dengan harga 50.000 dan Broker mengharuskan minimal 5jt untuk penempatan saham.

Kekurangan Reksa Dana

- Fee

Ingat dengan manager Investasi tadi?, Otomatis kita akan membayar si Manager Investasi tersebut, pembayaran dibagi menjadi 2, yaitu - Fee saat kita membeli dengan besaran 1-3% dari jumlah pembelian kita. - Fee Penjualan dengan besaran 0,5-1%. Oleh sebab itu sebelum kita melakukan Investasi Reksa Dana, kita harus menghitung dulu Fee nya berapa.

- Kinerja Buruk

Kita harus bisa memilih Manager Investasi yang kinerjanya bagus. Jangan sampai uang kalian yang masuk ke mereka, tidak menghasilkan apa-apa. Makadari itu kalian sebelum melakukan Investasi Reksa Dana, kalian harus memastikan betul Manager Investasi kalian memiliki kinerja yang baik.

- NAB Transaksi

NAB adalah Harga Reksa Dana, Jadi untuk kalian transaksi NAB kalian tidak bisa menentukan harganya, ini di karenakan jika anda membeli di siang hari, maka anda akan di berikan harga hari berikutnya yang tidak tau besarannya berapa.


Nah itu tadi adalah Kelemahan dan Kelebihan Reksa Dana. Untuk lebih lengkapnya mari simak Penjelasan berikut ini mengenai Reksa Dana.


Kredit video by Berke Finance

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya