Mengulas sistem Pendidikan


Kredit foto by asahsaya.com

Hai good people, Pendidikan di Indonesia ini menempati peringkat 70 dari 78 negara. Tentunya hal ini membuat kita malu, Lantas apasih kesalahan dari Pendidikan di Indonesia ini, hal ini akan menjadi inti pokok dalam pembahasan materi kali ini. Kita sebagai generasi penerus bangsa, tentunya tidak ingin kualitas Pendidikan kita dikatakan jauh terbelakang bila dibandingkan dengan negara-negara maju. Jika kita melihat dari segi semangat siswa dan cara mengajar guru, tentunya kita sudah patut merasa bangga. Tetapi bila di bandingkan dengan negara lain bagaimana?.

Simak penjelasan berikut ini agar kamu mengetahui bagaimana sih sistem pendidikan negara kita bila dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya. 


Masalah Sistem Pendidikan

Salah satu tokoh Sains terkemuka Neil deGrasse Tyson mengatakan "Sekolah me-reward nilai atau IPK, tapi sayangnya, kehidupan tidak me-reward nilai atau IPK". Dari pernyataan itu kita bisa memaparkan bahwa Nilai dalam pendidikan tidak ada hubungannya dengan kehidupan yang kamu alami. Hal ini berkaitan dengan apa yang terjadi di negara kita ini, kita sering membanggakan hasil yang kita capai pada nilai mata pelajaran di sekolah, tetapi saat kamu masuk ke dunia kerja atau kehidupan yang sesungguhnya. Nilai yang kamu dapatkan itu tidak akan ada artinya jika kamu tidak memiliki pribadi yang unggul dan kemampuan yang menonjol dibidang yang kamu minati/dibutuhkan oleh perusahaan. 

Tujuan Pendidikan

Menurut kamu tujuan Pendidikan itu untuk apa sih?, menurut saya tujuan pendidikan itu untuk menyiapkan manusia dalam menjalani kehidupan. Pendidikan juga membantu kita dalam untuk memiliki Skill dalam menjalani hidup. Lantas apakah sekolah sudah berperan dalam mewujudkan tujuan Pendidikan seperti itu?. Menurut Nail deGrasse Tyson "Sekolah saat ini belum bisa mencapai tujuan tersebut". Hal ini dikarenakan di sekolah jika siswa mendapa nilai tinggi, maka siswa tersebut akan dihargai. Faktanya nilai tinggi di sekolah tidak menjamin seseorang siap dalam menjalani kehidupan. Tetapi ada yang mengatakan, jika nilai kamu tinggi maka kesuksesan kamu bisa dibagai dengan mudah, Tetapi orang yang tidak memiliki nilai tinggipun tetap bisa menggapai kesuksesannya. 

Elon Musk pernah berkata "Sekolah mengajarkan kita tentang APA bukan KENAPA". Kita tau mengenai pelajaran Geografi, Kimia, Sejarah, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, dan lainnya. Tetapi apakah kita pernah berfikir bahwa "Kenapa" pelajaran tersebut diberikan di sekolah?. Faktanya pelajaran yang diberikan di sekolah tidak ada hubungannya dengan kehidupan yang kalian jalani. Tetapi kalau kalian mengetahui kenapa pelajaran tersebut diajarkan, maka kalian akan mulai berfikir dan menghubung-hubungkan dengan kehidupan yang kalian jalani tersebut.

Usaha untuk memperbaiki sistem Pendidikan

Optimis

Kita semua tau bahwa sistem Pendidikan terdapat banyak sekali masalah, dari masalah teknis, masalah sistem, dan masalah yang lain. Hilangkan fikiran tentang masalah-masalah tersebut, kita harus tetap percaya bahwa kita bisa memperbaiki ini sedikit demi sedikit. Semua diawali dari mainshet kita, kalau kita tidak yakin bahwa kita bisa, ya kita pasti tidak akan bisa. Tetapi kalau dari awal memang kita sudah memiliki jiwa yang Optimis untuk membenahi sedikit-demisedikit, maka kita akan bisa melakukannya.

Pelajari Hal penting kehidupan yang tidak diajarkan di sekolah

Dengan ini kalian harus mendapatkan ilmu diluar sekolah, cari ilmu yang tidak diajarkan di sekolah. Jangan takut untuk mencoba cara-cara baru, selagi itu masih positif dan berkaitan dengan kehidupan kamu, maka lanjutkanlah. 

Jadilah contoh untuk teman-teman kamu

Dengan kamu mempunyai tujuan hidup yang baik, kamu akan menjadi contoh untuk teman-teman kamu/anak-anak kamu. Dengan kamu menjadi seseorang yang menginspirasi dan berani berfikir diluar pelajaran sekolah, maka orang lain akan penasaran akan diri kamu. Disaat teman kamu sudah bertanya, kok kamu bisa sih, disitulah kamu memberikan tips bahwa selama ini kamu aktif untuk berfikir luas tak tidak terpatok dengna pelajaran sekolah. Hal tersebut jika kamu lakukan, maka akan berdampak positif untuk kamu dan teman-taman kamu bahkan anak kamu juga.


Nah itu tadi adalah informasi mengenai sistem pendidikan di negara kita ini. Menurut aku, jika kamu sudah memiliki tujuan kehidupan, maka jangan prioritaskan waktu kamu untuk hal-hal yang tidak penting. Cari ilmu sebanyak-banyaknya yang ada kaitannya dengan tujuan hidup kalian. Oke untuk lebih jelasnya simak video berikut ini!



Kredit video by Satu Persen - Indonesia life School

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya