Mengulas tentang Pendidikan Karakter


Kredit foto by mediaindonesia.com


Hai good people, kali ini aku akan mengulas tentang pendidikan karakter. Pendidikan Karakter sangat penting untuk semua generasi muda bangsa ini. Pendidikan Karakter ada kaitannya dengan moral bangsa, yang dimana setiap warga negara Indonesia, harus memiliki moral yang sesuai dengan Pancasila.

Berbicara tentang Pendidikan Karakter, Apasih Pendidikan Karater ini?. jawabannya akan saya bahas dibawah ini. Sebelum menginjak kesitu, Apakah kalian pernah bertanya kepada guru kalian, mengenai pendidikan karakter yang tidak ada pelajarannya di sekolah?. Pendidikan Karakter biasanya masuk dalam bidang pelajaran PKN. Dengan adanya kurikulum yang membahas tentang Pendidikan Karakter, merupakan hal yang sangat bagus, karena kita tau generasi muda jaman sekarang kalau tidak kita bina dengan pendidikan karakter, maka negara kita akan kehilangan generasi muda unggul. Oke Simak penjelasan berikut ini!.


Pengertian Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter adalah Suatu Usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi Individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Pendidikan Karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang didalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Tujuan Pendidikan Karakter

Secara umum pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter seorang peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik. Adapun dari itu beberapa fungsi pendidikan karakter adalah sebagai:

1. Untuk mengembangkan potensi dasar dalam diri manusia sehingga menjadi Individu yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik.

2. Untuk membangun dan memperkuat perilaku masyarakat yang multikultur.

3. Untuk membangun dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.

Pendidikan Karakter seharusnya dilakukan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak. Pendidikan ini bisa dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, serta memanfaatkan berbagai media belajar. Pada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk membangun bangsa yang tangguh, dimana masyarakatnya berakhlak muli, bermoral, bertoleransi, dan bergotong-royong.

Nilai-nilai Pembentuk karakter

1. Kejujuran dan Sikap Toleransi
2. Disiplin dan Kerja Keras
3. Kreatif dan Mandiri
4. Sikap Demokratis dan Semangat kebangsaan
5. Tanggung jawab dan Religius

Nah itu tadi adalah ulasan mengenai pendidika Karakter, Untuk lebih jelasnya mari simak video penjelasan berikut ini.



Kredit video by SUMBER CHANNEL

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya