Penerapan PHBS di rumah

Kredit foto by google


Hai Sobat sehat, kali ini aku akan memberikan informasi pentingnya PHBS dirumah. PHBS sendiri adalah singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Masa pandemi seperti sekarang ini sangat sekali dibutuhkan PHBS dimanapun kita berada, karena kita tidak mau tertular virus Covid-19.

PHBS adalah perilaku yang mencermikan hidup bersih dan sehat, jika seseorang sudah melakukan PHBS dengan benar dan sesuai prosedur yang di terapkan oleh kemenkes, maka lingkungan yang ditempati orang tersebut akan bersih dan terjaga dari bermacam-macam penyakit. Simak penjelasan berikut!.


PHBS Rumah Tangga

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dilakukan di rumah dengan tujuan untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu memperhatikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan bermasyarakat.

10 Indikator PHBS di Rumah Tangga

1. Persalinan ditolong oleh Tenaga Medis

Persalinan itu harus ditolong oleh Tenaga Medis, agar peralatan yang digunakan lebih aman, dan terhindari dari inveksi, serta kesehatan ibu dan anak lebih terjamin.

2. Memberikan ASI Ekslusif

Pemberian ASI mulai usia 0-6 bulan tanpa tambahan apapun akan membuat bayi lebih cerdas, lincah, sehat, tidak alergi, tidak sering sakit dan tidak cengeng.

3. Menimbang balita setiap bulan

Balita harus ditimbang setiap bulannya, hal ini bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangannya serta bebas dari penyakit seperti Kwashiorkor dan Marasmus

4. Menggunakan air bersih

Gunakanlah air bersih setiap hari agar kamu terhindar dari penyakit Diare, Kolera, Tipes, Penyakit kulit, Keracunan, dan lain-lain.

5. Mencuci tangan dengan air bersih

Gunakan lah cara mencuci tangan yang benar sesuai arahan Dokter yaitu: Basahi tangan menggunakan air bersih mengalir, Gosok sabun ke bagian telapak dan punggung tangan dan jangan lupa disela-sela jari, Bersihkan bagian bawah kuku, Bilas tangan dengan air bersih, Keringkan tangan dengan handuk atau tisue.

6. Menggunakan jamban sehat

Syarat-syarat jamban sehat adalah tidak mencemari sumber air minum, Mudah dibersihkan dan aman digunakan, Tidak mencemari tanah disekitarnya, Dilengkapi dengan dinding dan atap pelindung, Penerangan dan ventilasi yang cukup, Lantai kedap air dan luas ruangan yang memadai.

7. Memberantas jentik nyamuk seminggu sekali

Untuk memberantas Jentik-jentik kamu dapat menerapkan 3M yaitu: Menguras tempat-tempat penampungan air, Menutup rapat-rapat tempat penampungan air, Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air.

8. Makan sayur dan buah setiap hari

Makan sayur dan buah setiap hari sangat dianjurkan, karena di dalam sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral, yang mengatur metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharan tubuh, Mengandung serat yang tinggi, 

9. Melakukan Aktivitas fisik setiap hari

Melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari, jenis aktivitas fisik antaralain: Berjalan kaki, Berkebun, Mencuci pakaian, dan Mengepel lantai.

10. Tidak merokok di dalam rumah 

Jangan merokok di dalam rumah, karena perokok Pasif memiliki dampak negatif bagi tubuh yang sangat berbahaya. Asap rokok yang terhirup udara bisa merusak organ paru-paru secara perlahan.


Biasakan PHBS di rumah dan dimana pun anda berada, karena PHBS sangat bermanfaat dan membuat anda hidup lebih bersih dan sehat. Simak Video berikut untuk penjelasan mengenai PHBS.


Kredit video by Rheno Ade

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya