Pentingnya Asuransi dan Hal Yang Wajib Diketahui

asuransi



Asuransi merupakan produk keuangan yang bisa menjadi penyelamat saat kita terjebak dalam keadaan darurat, seperti kendaraan hilang, kecelakaan atau bahkan kekurangan biaya pendidikan. Asuransi adalah produk jangka Panjang yang memakan pengeluaran tak sedikit. Berbagai jenis asuransi mulai dari asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi kesehatan hingga pendidikan bisa melindungi kita di masa kini dan mendatang.


Lalu asuransi apa yang sebaiknya dimiliki? Semua bergantung pada kebutuhan dan kondisi keuangan masing-masing. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan hal-hal berikut dalam menentukan asuransi yang ingin dimiliki. Supaya dalam penggunaanya tidak ada yang terbuang percuma. 


Poin Penting Sebelum Mengajukan Asuransi


Memahami Detail Asuransi Yang Dipilih

Banyyak produk asuransi yang menawarkan lebih dari satu jenis asuransi. Asuransi jiwa dan kesehatan misalnya membaginya dalam beberapa kelas, sementara asuransi kendaraan biasa memberikan penawaran dua produk seperti All Risk dan Total Loss Only (TLO). Semua produk ini memiliki manfaat masing-masing yang berbeda.


Poin terpenting adalah setiap produk memiliki premi dengan besaran berbeda dan pertanggungan beragam. Jangan tergoda promo-promo yang bersifat sementara namun pada akhirnya membebani keuangan. Asuransi bukan tabungan yang bersifat liquid alias dapat diambil swaktu-waktu. 


Beberapa hal detail yang wajib dipelajari adalah, jumlah premi, jangka waktu minimum pebayaran, pertanggungan dan cara klaimnya. Jika merasa ada yang tidak cocok jangan ragu untuk membatalkan.


Memahami Kebutuhan Keluarga

Sebagai kepala keluarga atau tulang punggung, Kamu seharusnya wajib dilindungi dengan asuransi jiwa. Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tiba-tiba tertimpa musibah dan meninggal ada sejumlah warisan yang bisa diberikan kepada ahli waris, terutama untuk membayar berbagai hutang.


Namun tidak semua sepakat soal itu bukan? Ada pula tulang punggung yang lebih memilih membeli asuransi jiwa karena merasa lebih banyak manfaatnya. Kalau asuransi jiwa hanya bisa dicairkan ketika pemegang polis meninggal, asuransi kesehatan tak perlu waktu lama. polis asuransi adalah  sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi (penanggung) dengan tertanggung.


Jadi mengetahui hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan asuransi akan memudahkan mu menentukan prioritas dan memilih jenis asuransi apa yang paling diperlukan.


Memilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat

Ada banyak perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia dengan tawaran produk serupa. Namun dari sekian banyak selalu ada beda yang bisa jadi cocok dengan kebutuhan mu. Misalnya premi kecil atau pertanggungan yang besar. Namun disamping itu kamu juga harus memperhatikan kredibilitas perusahaan asuransi.


Coba cek track recordnya dengan mencari sebanyak mungkin review online. Biasanya ada forum-forum khusus yang membicarakan soal asuransi tersebut. Bandingkan mana yang paling rasional memberikan perlindungan. 


Dan juga bagaimana perusahaan asuransi memenuhi klaim asuransi dari pada nasabahnya. Klaim asuransi adalah tuntutan dari pihak tertanggung sehubungan dengan adanya kontrak perjanjian antara asuransi dengan pihak tertanggung.


Keuntungan Jangka Panjang

Asuransi bukanlah investasi yang bisa menghasilkan uang berlipat ganda. Ini hanyalah sebuah proteksi dengan dana milik kita sendiri. Karena itulah kita perlu memastikan jika premi yang dibayarkan tiap bulan tidak akan hilang begitu saja, kecuali untuk kasus asuransi kendaraan yang memang akan hangus jika tidak digunakan.


Menentukan premi yang harus dibayarkan dan menghitungnya sampai batas maksimal. Kemudian membandingkan dengan uang pertanggungan yang bakal didapat adalah salah satu bentuk menakar keuntungan jangka Panjang. Premi asuransi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh tertanggung pada waktu tertentu berdasarkan Polis asuransi yang telah disepakati. 


Beberapa produk asuransi juga ada yang menawarkan asuransi unit-link, yakni dengan sebagian dana dialokasikan untuk produk investasi lain seperti reksa dana dan saham. Sehingga ada keuntungan tambahan pada masa akhir pembayaran premi nantinya.


Perdalam Pemahaman Tentang Faktor Resiko

Karena asuransi adalah sesuatu yang tidak dijamin oleh pemerintah maka segala kehilangan atau penipuan akan menjadi kerugian sendiri. Karena itu sebelum menentukan pilihan sebaiknya pahami dulu berbagai faktor resikonya, seperti dana yang tidak bisa dicairkan atau uang pertanggungan yang tidak sesuai harapan yang perlu kamu perjelas kembali kepada agen asuransi yang kamu  percayakan. 


Agen asuransi adalah orang yang bertindak untuk menawarkan dan memasarkan produk asuransi untuk dan atas nama penanggung dalam hal ini adalah perusahaan. Misalnya kamu mengambbil asuransi mobil untuk jangka waktu dua tahun sebesar lima juta. Namun, faktanya mobimu dalam kondisi sehat hingga jangka waktu asuransi tersebut habis. 


Maka diakhir periode pembayaran polis uang pertanggungan itu menjadi milik perusahaan. Mau tidak mau kamu harus rela tidak merasakan dana lima juta tersebut.


Maka dari itu, beberapa hal yang tersebut wajib diperhatikan sebelum membeli produk asuransi baik demi asuransi jiwa maupun yang lainnya.  Asuransi sangat wajib untuk dimiliki sebagai jaminan ketentraman kehidupanmu.





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya