Sejarah kota Jakarta

Hai good people, kali ini aku akan mengulas tentang sejarah dari Kota Jakarta, mungkin kalian sudah banyak yang tau kan mengenai sejarah kota ini. Tetapi ada beberapa yang kalian belum ketahui dari sejarah kota ini. Langsung saja simak Penjelasan berikut ini.


Sejarah Jakarta

Jakarta sudah memiliki cerita sejak zaman dulu kala, ini terbukti dari nama kota ini dulunya adalah Sunda Kelapa , pada abad ke-12 Kota ini sudah menjadi pusat ekonomi masyarakat kerajaan Sunda. Sunda Kelapa menjadi tempat pelabuhan pedagang-pedagang dari Arab, India, Tiongkok, Malaka dan wilayah-wilayah lain. Pada Tahun 1527 Kota ini berganti nama menjadi Jayakarta, yang memiliki arti Kemenangannya yang gilang gemilang. Nama ini diberikan saat kota ini berada dibawah kendali Kesultanan Banten, pada tahun tersebut tanggal 22 Juni, mulai lah di anggap sebagai Hari lahir Kota ini.

Era Belanda

Pada tahun 1619 Belanda yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen menghancurkan Jayakarta, dan menggantinya dengan sebutan Batavia. Kota ini kemudian menjadi pusat dari perdagangan dari sebuah entitas yang disebut Hindia Belanda. Selama periode pendudukan Belanda ini, ada beberapa bangunan penting yang bertahan hingga saat ini. Antara lain:

Istana Merdeka


Kredit foto by kompas.com

Pasar Baru yang berdiri sejak 1920


Kredit foto by kompas.com

Stasiun Beos / Stasiun Jakarta Kota


Kredit foto by heritagekai

Kawasan Glodok


Kredit foto by tionghoa.INFO

Bioskop Metropole


Kredit foto by kumparan

Transportasi Trem


Kredit foto by Liputan 6

Era Jepang

Pada Maret 1942 Belanda menyerahkan kekuasaannya kepada Jepang, Pada masa ini nama Jakarta akhirnya dipergunakan untuk menggantikan Batavia. Ketika Jepang Akhirnya menyerah, kota ini menjadi saksi bagi peristiwa penting di negara ini. Pada 17 Agustus 1945 Soekarno memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Hal ini terus diikuti dengan Rapat raksasa di Lapangan Ikada pada 19 September 1945. Pada 29 September 1945 Belanda datang kembali ke Indonesia dan berupayah menggambil alih wilayahnya yang sempat diberikan ke Jepang. Kemudian pada 4 Januari 1946 pemerintahan sempat dipindahkan ke Yogyakarta, hal ini dikarenakan manufer agresi Belanda.


Nah itu adalah sepakterjang dari Kota Jakarta pada masa Kerajaan sampai era Kemerdekaan. Video berikut ini berisi tentang Sejarah lengkap dari berdirinya Kota Jakarta hingga sekarang ini.



Kredit video by PinterPolitik TV

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya